Salah Pola Android

Cara Atasi Smartphone yang Terkunci

Fitur pengunci layar pada ponsel android, atau ponsel-ponsel pintar lainnya ada yang menggunakan pola, kata sandi, password, face unlock, bahkan sekarang kita bisa mengunci Android dengan fitur sidik jari. Terlepas dari alasan-alasan pengguna mengunci ponsel pada genggamannya. Misalnya menjaga dari tangan-tangan jahil. Atau melindungi file-file yang memang bersifat sangat pribadi. Lantas bagaimana kalau kita lupa pola atau sandi ponsel kita?

Kita tentu ingat bila membandingkan dengan ponsel keluaran lama (jadul) yang cara mengunci atau pun membuka lewat tombol yang sederhana. Ponsel pintar semacam Android bisa lebih ribet dan itu berbanding dengan keamanan ponsel juga. Lebih ribet lebih aman. 

Tapi apa yang bisa terjadi kalau ternyata kita lupa sandi, pola, atau apapun metode untuk membuka kunci layar android kita? Tentu lebih ribet. Kita mendapatkan beberapa kali kesempatan kalau tidak salah sampai 10 kali percobaan. Kalau salah semua. bakalan tambah ribet.

Baca Juga  Solusi Tidak Bisa Membuka Playstore.

Mengatasi Android yang Terkunci atau Salah Password

Terus bagaimana solusinya? Jawabannya gampang. Cara mengatasi android yang terkunci, yakni dengan wipe data/factory reset. Caranya:

  1. Matikan ponsel
  2. Masuk recovery mode ( pencet tombol power [on/off] + volume bawah. untuk pengguna samsung pencet 3. tombol power+volume bawah+home.
  3. Setelah masuk, pilih opsi hapus data (wipe data) / factory reset.
  4. Reboot
  5. Done

Solusi ini bisa mengakibatkan data pada ponsel hilang. Seperti akun google, sms, kontak, media penyimpanan internal, aplikasi yang sudah terinstal dari luar (playstore) dan data-data lain. Untuk itu biasakan untuk backup smartphone sebelum terjadi apa.

Verification: 10ef2348b5c96cd8