Windows-8-pada-netbook

Cara Install Windows 8 pada Netbook

Selamat sore sahabat, (sahabat noah, xaxaxa). Kali ini saya akan membahas tutorial atau cara install windows 8 pada Netbook. Ada yang nanya sii kemaren-kemaren (pengguna netbook) ketika dia hendak mengisntall windows 8.

Dia terkendala karena tidak mempunyai DVD Rom Portable, secara netbook emang nggak ada DVD Rom bawaan. Sekarang tentu solusinya gampang, tinggal pake Flashdisk. Selain lebih cepat, juga ringkas dan nggak ribet. Dan  FD-nya masih bisa kita pakai untuk menyimpan file lain juga.

Windows 8 Start Menu Apps Start Screen Modifiers ft3

Terus teman saya masih menemui kendala, yakni resolusi layar yang kurang besar, karena untuk windows 8 optimasi layarnya minimal berada pada resolusi 1024×708 pixels. Sedangkan layar netbook berkisar hanya sampai 1024×600 pixels. Well, itu bukan masalah lagi karena ada trik untuk membesarkan resolusi layar netbook dengan mengedit registry. Jadi langsung saja untuk yang mau menginstall windows 8 bisa ikuti langkah ini.

Persiapan Instal Windows 8 pada Netbook

Spek Netbook

Pertama pastikan netbook kamu mempunyai ram minimal 2gb dengan processor min 1gb.

Baca Juga  Situs Download Musik Free Royalty Untuk Youtuber

Bootable Flashdisk

Flashdisk 8gb, (karena file windows 8 lebih dari 4gb) lalu jadikan FD itu bootable. Bisa ikuti tutorialnya pada Cara Membuat Flashdisk Bootable dengan gampang kalau nggak kita jadikan bootable, nggak akan bisa.

File Iso Windows 8

File Iso windows 8, lalu mount pakai Nero atau app apa saja, Kopikan file yang sudah mounted (berbentuk folder) ke FD yang sudah bootable tadi. Filenya akan menjadi seperti ini:

windows%2B8

Langkah Penginstalan Windows 8 pada Netbook

Setelah semua bahannya komplit mari ke langkah berikutnya:
  • Tancapkan FD ke Netbook
  • Matikan/Restart Netbook kamu lalu masuk Bios dengan cara hidupkan netbook lalu pencet F2 sebelum booting ke windows (setiap netbook beda cara)
  •  Pada bios gulir tab ke [Boot] dan pilih opsi priority boot  menjadi removable disk atau nama FD-nya sendiri.
  • Setelah kita ganti, pencet F10 untuk save & exit. Lalu netbook akan booting ke penginstallan (jika berhasil, kalau tidak ada dua penyebabnya, FD belum bootable, atau prosesi pada biosnya belum bener)
  • Sila ikuti langkah berikutnya, atau kalian bisa nyari tutorial yang lebih jelas yang bertebaran . 
Install windows 8 di netbook

Mengganti Resolusi Netbook

Setelah kelar lalu booting ke menu, Kalian tidak akan bisa membuka menu baru seperti pictures, video, store, atau apa aja menu-menu metro pada windows 8, akan ada keterangan seperti gambar ini:

Install windows 8 di netbook
This App Cannot Open
The screen resolution is too low for this app to run
Change your screen resolution
 
Kalau kita artikan: mandi dulu sana terus makan. Jelas-jelas nyuruh ganti resolusi layar. Well, Pertama, langsung aja instal driver vga Netbook kalian. Restart, Lalu setelah nyala kembali, rubah value beberapa registry windows untuk mengubah nilai resolusi layar . Caranya:
Setelah mengikuti langkah pada page itu cek pengaturan screen resolutin (klik kanan pada desktop) lihat hasilnya.
2
Kalau keterangannya sudah begitu, selamat, kalian berhasil. Kalian bisa membuka menu store dan lain-lain pada netbook kalian. Well, Itulah cara install windows 8 pada netbook.
Verification: 10ef2348b5c96cd8