Cara Menghapus Data Kontak Android yang Berukuran Besar

Pernahkah kamu mendapatkan masalah dengan ukuran contact telepon yang besar. Tidak masuk akal kelihatannya. Saya pernah mengalaminya. Sekarang saya akan berbagi cara untuk menghapus data kontak yang besar pada ponsel Android.

kontak android bermasalah

Kontak pada suatu perangkat telekomunikasi, misal ponsel, adalah sesuatu yang sangat penting. Jaman dahulu juga orang-orang sampai menyalin kontak pada suatu media tertentu, misal buku. Yang bisa mencakup alamat rumah, no telepon, dan data-data lainnya yang kita anggap penting.

Pada ponsel pun begitu, selain nomor telepon, kita juga bahkan bisa menambahkan keterangan-keterangan lain pada kolom-kolom yang tersedia pada kontak. Misalnya, kolom email, alamat, tanggal ulang tahun, keterangan-keterangan yang bersangkutan dengan rekan yang kita isikan data-datanya. Bahkan kita bisa menyematkan poto wajahnya juga.

Lalu masalahnya, pernah kah kejadian data kontak pada android mengembung yang sepertinya memang nggak masuk akal)? Saya pernah. Dulu ketika pertama memegang smartphone pertama saya, Kebiasaan saya yaitu membackup kontak pada memory card (kebiasaan pada ponsel jadul sebelumnya).

Baca Juga  2 Cara Menyembunyikan Foto dan Video pada Android

Jadi setiap saya ganti rom, atau flash lagi, saya restore kontak-kontak itu lagi, lalu saya backup kontaknya lagi. Maka tentunya (atas ketidaksadaran saya, atau memang dulu masih gaptek) kontak saya akan terduplikat dengan backup kontak dari akun gugel setiap kali login. Kan setiap terjadi sinkronisasi akun, maka kontak pun ikut terbackup (bila tercentang juga sih opsi sinkronisasi). Data kontak saya mencapai hampir 30ribu orang, udah kayak teroris aja. Haha.

Intinya permasalahannya salah satunya karena banyaknya duplikat kontak, atau kontak-kontak yang sama pada android.

Solusi data kontak yang mengembung di luar masuk akal:

  • Pergi ke pengaturan kontak > manage kontak > de-duplicate contacts. Biasanya ada opsi untuk kontak pada akun google mana yang akan kena filter (itu pun kalo akun google pada ponselmu lebih dari satu). Bila ternyata pada pengaturan buku telpon kamu tidak terdapat opsi de-duplikat, cari di Playstore aplikasi Contact +.
  • Masih pada pengaturan buku telepon, pilih opsi merge contact. Opsi ini untuk menyatukan kontak yang sama dengan pemindaian nama, no telepon, dan alamat email.   
  • Hapusin manual kontak pada phone book. 
  • Hapusin manual kontak pada akun google. 
  • Setelah de-duplikat dan penghapusan-penghapusan itu pastikan untuk disinkronisasi.
kontak android bermasalah

Konklusi

Karena pernah kejadian juga pada seseorang. Namanya Deden bukan nama sebenarnya. Haha, sudah kayak berita kriminal. Deden mengalamai hal seperti ini. Deden pergi ke setting > aplikasi > kontak, tapi tidak ada opsi hapus data. Dan menurut saya itu sia-sia juga mengingat sinkronisasi data, kan.

Baca Juga  Cara Mengaktifkan Fitur P.i.P (Picture in Picture) pada Custom Rom (cusrom) Oreo

Well, itu salah satu cara menghapus data kontak telepon yang tidak masuk akal. Rajin mandi dan cintailah ibumu.

 

 
 
   
Verification: 10ef2348b5c96cd8