resolusi layar

Cara Mengubah Resolusi Layar Netbook Windows 7 atau Windows 8

Pengguna Netbook dalam situasi tertentu pasti ingin mengubah resolusi layar Netbooknya. Penginstalan aplikasi yang membutuhkan resolusi lebih tinggi atau tuntutan pada sebuah operasi sistem, misalnya. Berikut adalah cara ubah resolulusi Netbook Windows 7 atau Windows 8.

Netbook merupakan benda canggih paling ringkas, selain smartphone tentu. Dengan bentuknya yang tidak terlalu besar, ringan dan simpel, tentu gampang dan tidak merepotkan untuk membawanya kemana-mana bila ada urusan.

DROIDS kali ini bukan akan membahas tentang spec atau kegunaan netbook. Soal itu kita serahkan kepada penggunanya sendiri. Ada yang menggunakannya untuk bisnis, baik itu online atau pun kantoran, untuk sekadar menulis naskah atau dokumen. Dan sebagai media hiburan, tentu. Karena untuk gaming, development yang berhubungan dengan pengeditan gambar atau video, jelas spesifikasi netbook kurang memadai.

Kita akan bahas mengenai resolusi netbook bawaan hanya berkisar maksimal 1024 x 600 pixel. Tetapi entah kenapa suatu saat saya pernah mengalami hal yang tidak mengenakan ketika menonton film yang resolusinya besar. Semisal memutar film BluRay 720 saja layar pada netbook sudah macet-macet. Entah karena video playernya.

Juga ketika menginstal aplikasi, kadang tampilnya jadi nggak utuh. Nah, setelah saya gugling dan menemukan cara merubah resolusi netbook, saya jarang menemukan kendala seperti itu lagi. Nonton film dengan resolusi gede juga lancar, nggak mencret-mencret lagi [smile]. 

Pernah kejadian (setelah saya ubah resolusi layar), sewaktu saya mengirim file film berformat .mkv ke teman yang punya Notebook (layarnya jauh gede ‘kan). Waktu itu film yang saya kirim tersendat pemutarannya. Tetapi sewaktu saya putar pada netbook saya lancar-lancar aja.

Baca Juga  Cara Install Windows 8 pada Netbook

MENGUBAH RESOLUSI LAYAR PADA NETBOOK

UBAH RESOLUSI LAYAR PADA NETBOOK

Oiya, kembali ke topik, pengecilan resolusi layar pada netbook ini juga bisasaya gunakan untuk menjadi solusi ketika menginstall Windows 8 yang harus mempunyai resolusi minimal 1024 x 768px. 
  • Buka registry editor (registry.exe) bisa melalui run (win + r) atau pada opsi START
an image
an image
  • Cari HKEY_LOCAL_MACHINE/SYSTEM/Current Control Set/Control/Class/{4D36E968-E325-11CE-BFC1-08002BE10318}/0000
an image
  • Buka (klik 2 kali)  DWORD Display1_DownScalingSupported, dan ganti value-nya jadi 1
an image
  • Kemudian cari dan buka folder registry 0001 pada sub folder yang tadi (letaknya tepat bawah folder 0000): HKEY_LOCAL_MACHINE/SYSTEM/Current Control Set/Control/Class/{4D36E968-E325-11CE-BFC1-08002BE10318}/0001
an image
  • Lalu sama seperti yang tadi ubah value pada Display1_DownScalingSupported jadi 1 (bila DWORD tidak ada, kamu buat sendiri aja dengan nama “Display1_DownScalingSupported” nggak pake tanda kutip. Caranya klik kanan>>New>>DWORD (32bit) value)
an image
  • Tutup registry editor, lalu restart notebook kamu.
  • Setelah menyala lagi, cek hasilnya. Klik kanan pada destop dan pilih screen resolution. Jika ada opsi tambahan 1024 x 768, 1152 x 864, selamat kamu berhasil.   
an image

Perbandingan resolusi pada netbook saya 

  • Normal  1024 x 600 px
an image
  • Setelah diubah 1152 x 864 px
an image
 

Study kasus:

Waktu kemarin saya berniatan menginstal ulang netbuk karena satu atau beberapa hal. Tapi waktu itu file windows 7 pada teman saya sudah dia hapus, tinggal sisa windows 8.1 dan windows XP pada teman yang lainnya. Saya pun memilih windows 8.1 dan saya tahu saya akan kesusahan mencari drivernya.
Baca Juga  Cara Membuat Flashdisk Bootable Tanpa Software

Pertamanya lancar aja karena resolusi netbook sudah sesuai dengan syarat penginstalan (pada waktu itu saya bahkan nggak tahu ada syarat seperti itu). Dan ternyata ketika OS terinstal, resolusi netbuk kembali lagi ke asal, bahkan ke 800x600px maksimal. Waktu itu saya belum mendapatkan driver. Dan yang paling susah itu mendapatkan driver VGA (bahkan saya menggunakan driver netbook lain).

Dan tentu saja, aplikasi-aplikasi pada windows 8.1 nggak bisa kebuka karena resolusi layar tidak memenuhi syarat, kurang besar. Saya pun mempraktekan metode seperti atas lagi. Akan tetapi saya menemui kendala lain lagi DWORD Display1_DownScalingSupported tidak ada.

Maka saya buat aja sendiri pada folder 0000, dan membuat folder turunannya 0001 dan membuat dword dengan value 1 masing-masing. Tetapi itu tidak membantu apa-apa. resolusi netbook masih belum berubah. Solusinya ya ternyata saya harus meninstall driver VGA-nya dulu. Saya pake driver vga netbook yang lain. Dan seketika setelah penginstallan selesai, resolusi layar jadi sesuai yang kita harapkan :))

Well, demikian Cara Merubah Resolusi Layar Netbook.

Semoga membantu 🙂

Verification: 10ef2348b5c96cd8