relock bootloader

Cara Relock Bootloader dengan Mudah dan Cepat

Jika kamu sudah oprek android, khususnya pengguna Sony Xperia, lantas ingin mengembalikan kembali sepreti bawaan pabrik. Kamu bisa ikuti langkah berikut ini. Gampang dan mudah.

Arti Relock Bootloader

Relock Bootloader adalah prosesi penguncian kembali bootloader pada android. Biasanya untuk pengguna android yang telah melakukan unlock bootloader ponsel mereka. Relock bootloader ini tujuannya bisa bermacam-macam, salah satunya untuk mendapatkan update dari pihak pembuatnya secara OTA.

Karena jelas, untuk android yang sudah melakukan proses unlocked bootloader tidak akan bisa mendapatkan update melaui OTA. Contohnya, dari pihak SONY. Misal, itu pun kalau ada pembaruan versi. Baik itu pembaruan kernel, app, atau bahkan peningkatan versi android itu sendiri.  

Tetapi kalau sudah melakukan relock, ponsel android kalian tentu seperti menggunakan rom bawaan dari pembuatnya. Memang ada custom rom yang tidak wajib mengunlocked bootloadernya. Fiturnya pasti terbatas. Sebatas itu. Android kalian tidak akan bisa lagi melakukan upgrade ke versi android lebih tinggi. Kecuali menunggu update dari pihak SONY sendiri. Dan untuk ponsel-ponsel lawas, kemungkinan besar itu tidak akan terjadi.

Baca Juga  Kumpulan Rom Xperia Miro

droid.id sekarang akan memberikan panduan singkat cara relock bootloader, tanpa gambar. Karena saya anggap kalian sudah pernah unlock dan pasti akan mengerti dengan istilah dan langkah yang akan saya jabarkan.

Sebelum mengunci kembali bootlader  pastikan kernel HH kamu harus sedang dipasangi stock kernel (kernel asli / bawaan) – caranya flash file kernel.sin menggunakan Flashtool, atau Xperia kamu nggak bakalan booting atau bootloop.

cara relock bootloader

Langkah Relock Bootloader
 
 
  • Pertama download Flashtool versi terakhir lewat SINI (Lewati kalau sudah punya)
cara relock bootloader
  • Buka aplikasi Flashtool dan klik opsi “BLU”
  • Akan muncul permintaan untuk menghubungkan HH kamu dalam mode flashmode
  • Matikan hape kamu lalu masuk ke flashmode dan hubungkan, di Flashtool akan muncul prompt dengan opsi “Relock”
  • Klik relock dan ketika prompt tertutup, cabut HH kamu.
Well, selamat HH kamu sudah terkunci kembali dan bisa update OTA lagi. Sekian tutorial cara relock bootloader cepat dan mudah.
 
Happy flashing, dan rajin gosok gigimu.
Verification: 10ef2348b5c96cd8