custom rom redmi 5a Android 11

Download Custom Rom Redmi 5a Android 11

Kamu bisa download dan instal Custom Rom Redmi 5a Android 11 dengan Rom Nusantara Project. Itu artinya kamu bisa menjalankan Android versi 11 pada ponsel Xiaomi Redmi 5a – Riva kamu.

Custom Rom

Custom Rom adalah Rom Modifan dari sumber asli Rom tersebut dengan memanfaatkan Open Source yang tersedia. Untuk dasarnya sendiri memang tidak ada perbedaan antara Rom dan Custom Rom. Namun untuk proses modifikasi dan hasil akhirnya terdapat perbedaan sesuai dengan keinginan para developernya.

Para dev ini tidak terikat kepada vendor yang mengeluarkan ponsel tersebut. Benar-benar mandiri atas budget sendiri. Biasanya pada hasilnya, Custom Rom tentu menawarkan Rom yang lebih advance daripada Stock Rom bawaan vendor aslinya.

Fitur Android 11

Android 11 adalah projek Google penerus Android 10 yang tentu datang dengan fitur-fitur yang baru dibandingkan dengan versi Android sebelumnya. Untuk fitur Android 11, antaranya adalah

Kamera dan mikrofon aktif saat aplikasi terbuka atau kita gunakan

Fitur Android 11 ini serupa dan tersedia pada Android 10, Google selaku pengembang Android telah membatasi akses lokasi. Ini juga saya telah ketahui sebelumnya, mengingat ponsel saya sudah memakai sistem operasi Android 10. Pemberian akses tersebut hanya tersedia ketika aplikasi berjalan, bukan berjalan dalam latar belakang (background).

Tentu saja fitur ini memberikan pengalaman privasi lebih kepada pengguna.

Pada Fitur Android 11, Google menambahkan keamanan privasi tersebut. Yakni dengan pembatasan akses kamera dan mikrofon kepada aplikasi. Sehingga kamera dan mikrofon hanya akan benar-benar aktof ketika aplikasi tersebut berjalan atau terbuka. Setelah pengguna menutup aplikasi tersebut, penggunaan data atau akses lainnya akan benar-benar terhenti.

Akses lokasi latar belakang semakin perketat

Masalah privasi sekarang memang benar jadi perhatian Google. Pada sistem operasi Android 11 Google memperketat akses perizinan lokasi aplikas yang berjalan pada background (latar belakang).

Alasan tersebut karena selama ini banyak sekali aplikasi yang meminta perizinan akses lokaso pengguna ketika berjalan pada latar belakang. Padahal aplikasi masih akan bisa berjalan normal tanpa akses tersebut.

Google juga akan mengotorisasi aplikasi secara manual untuk memilah dan menentukan apakah benar aplikasi tersebut memerlukan akses lokasi pada latar belakang atau tidak.

Update Aplikasi Google Play Store semakin mudah

Fitur ini masih lanjutan dari fitur yang ada pada Android 10, dimana Google dapat mengupdate beberapa elemen pada sistem.

Dengan ini Google bisa lebih leluasa memperbarui aplikasi tanpa melibatkan pengembang langsung dari Play Store.

Selain itu ada peningkatan modul pada sistem aplikasi. Termasuk dalam pengaturan untuk mengatur akses privasi ke penyimpanan internal dan menangani sistem tampilan (antarmuka) aplikasi.

Gelembung Pemberitahuan (Notifikasi)

Gelembung notifikasi atau bubbles memungkinan aplikasi muncul pada layar dalam ukuran kecil saat ada pemberitahun baru yang masuk. Fitur ini sudah terdengar dari dan akan terdapat pada Android 10 padahal.

Konsepnya tentu mirip dengan pop-up notifikasi yang terdapat pada notification bar untuk membalas pesan dan mengambil tindakan bila ada pemberitahuan yang masuk.

Kita bisa mengetuk gelembung notifikasi untuk membuka aplikasi dan mengetuknya sekali lagi untuk mengecilkannya (minimiza). Tentu saja ini bukan fitur baru, pada beberapa versi android sudah bisa mencicipi fitur ini sebagai fitur bawaan, yang bisa kita pakai untuk beberapa aplikasi, bukan untuk aplikasi chating semata.

Baca Juga  Rom Game Buat Redmi 4X Havoc ROM! UPDATE

Pengkategorian Notifikasi

Pada Android 10 terdapat fitur ini, yakni membagi notifikasi dalam dua kategori: notifikasi utama (prioritas) dan yang kurang prioritas

Dalam pengembangannya pada Android 11 nanti akan ada satu tambahan kategori notifikasi yakni berdasarkan perpesanan instan. Seksi ini berada pada bagian atas panel pemberitahuan (notification bar).

Screenshoot yang lebih lengkap

Screenshoot atau tangkapan layar menjadi fitur penting sekarang. Kita sudah terbiasa mengcapture yang tampak pada layar lantas menyimpan atau membagikan tangkapan layar tersebut. Pada Android 11 nantinya Google akan menambahkan perkakas (tool) untuk menangkap SS dalam format panjang.

Sebenarnya beberapa ponsel meskipun yang menjalankan sistem operasi sebelumnya pun sudah bisa menggunakan fitur ini dengan fitur screenshoot bawaan atau bahkan via aplikasi.

Juga kabar gembira untuk para gamer, bahwa nanti Google akan menyematkan fitur screen recorder, perekaman layar pada menu Quick Setting. Hei, ini sudah tidak asing, beberapa ponsel yang bukan android 11 pun sudah bisa merekam layar oleh aplikasi bawaan bahkan dengan perekaman suara system.

Mungkin dengan dukungan oleh Google, perekaman layar ini bisa lebih keren. Entahlah.

Pendeteksi pengembang aplikasi

Android 11 akan hadir fitur untuk bisa mendeteksi apakah ponsel yang kita pegang milik oleh perusahaan atau milik kita pribadi.

Mungkin jatuhnya lebih ke profil yang dipilih pada sistem Android sebelum menyerahkan ponsel kepada pekerja. Namun kalau profil tersebut tidak diisi, maka perangkat android tersebut akan terdeteksi sebagai perangkat pribadi.

Penting nggak sih, buat awam seperti kita?

Penyimpanan SIM digital

Fitur yang cukup menarik, akhirnya. Fitur penyimpanan SIM digital secara khusus akan ditambahkan Google pada Android 11. Kendala yang mungkin akan dtemui adalah tidak semua negara memberlakukan sistem SIM secara digital seperti Indonesia. Yah, gimana dong?

Untuk contoh negara yang sudah mengadopsi sistem SIM digital adalah Wyoming, Amerika Serikat. Pada penampakannya seperti aplikasi serta menggunakan sidik jari untuk masuk ke perangkat.

5G

Teknologi 5G semakin merambah dan sudah diadopsi di sebagian negara di dunia. Kemungkinan tahun-tahun berikutnya teknologi ini akan semakin pesat dan banyak digunakan di berbagai negara di dunia. Tentu saja Google tidak mau ketinggalan untuk urusan ini.

Pin Favorit di menu bagi (share)

Dengan fitur ini pada Android 11 maka pengguna akan mampu menyematkan tujuan pembagian (sharing) file pada menu share.

Katanya fitur ini untuk mempermudah pengguna apabila sering melakukan aktifitas berkirim file dalam bentuk apapun kepada pengguna android lain.

Dark Mode yang menyala otomatis

Dark Mode (Tema Gelap) menjadi trend tersendiri belakangan ini. Ragam aplikasi sudah mengadaptasi tampilan gelap pada antar mukanya. Walaupun begitu tidak semua pengguna suka pada tampilan gelap ini ada tentu sebagian yang tidak menginginkan mode ini dipanjang sepanjang waktu.

Nah, pada Android 11, kita sebagai pengguna bisa menjadwalkan tampilan gelap agar dapat aktif dan non-aktif secara otomatis. Mungkin seperti alarm on-off, ya.

Custom Rom Redmi 5a Android 11

Seperti yang sudah saya bilang di atas, kita akan menggunakan Custom Rom untuk menjalankan Android 11 pada Redmi 5a (Riva) dengan flash atau instal Rom Nusantara Project V2.3 Riva

  • custom rom redmi 5a Android 11
  • custom rom redmi 5a Android 11
  • custom rom redmi 5a Android 11

Fitur Android 11 ROM Nusantara Project

Untuk fitur dari custom rom redmi 5a Android 11 menggunakan Rom Nusantara Project ini di antaranya adalah:

Themes:

Accent picker

Theme backup

Theme styles

Notifications:

Heads up options

Charging animation

Edge Lighting

Blink Flashlight on Call

Baca Juga  Cara Update Xiaomi dari Miui 8 ke Miui 9 Tanpa UBL (Unlock Bootloader)

Miscellaneous:

Rounded Corners

System Animations

Scrolling Cache

Expanded screenshot

Gaming Mode

Three Finger Swipe

DT2 Sleep

Signature Spoofing

Sensor block per app package

Screen off animation

Dashboard conditions

Dashboard suggestions

Disable device identifier restrictions

Fingerprint Prefs:

Fingerprint error vibration

Fingerprint authentication Vibration

Lockscreen:

Show status bar on lockscreen

Disable QS when locked

Lockscreen charging info

Lockscreen album art filter

Media artwork blur level

Shortcuts

Charging animation

Lockscreen style

Fod Icon picker

FOD recognising animations

FOD pressed state

Hide lock icon

DT2sleep

Lockscreen visualizer

Media Artwork

Status Bar

Battery Customization

Charging LED

Battery Estimates Toggle

Battery Icon Style

Battery Percentage

Aggressive Battery

Battery Bar Customization

Carrier Label

Custom Carrier Label

Carrier Label Fonts, Size, Colors

Clock Customization

Show clock and date toggle

Auto-hide Clock

Clock Style

AM/PM Style

Show seconds toggle

Date, its position, style, format, size, font color & style

Icon Manager

Statusbar Icons

Custom Logo

Signal Icon Switch

Toast app icon

Bluetooth battery status

Quick Settings

Quick QS Pulldown

Smart Pulldown

Vibrate on Touch

QS footer text

Customize footer text

Settings icon toggle

Running services icon

User switch icon

Edit icon toggle

QS Tint toggle

Header Images & toggle

QS Blur

Background opacity

QS Layout Customization

QS tile Animations

Brightness Slider Positions and customization

Traffic Indicators

Traffic Indicator Placement

Activity Layout

Net Type Activity

Net font size customization

Show/Hide arrows toggle

Net activity auto-hide threshold

Ticker

Ticker toggle

Ticker Animation

Ticker Duration

Hardware

Buttons

Kill app button

Screen off power button torch

Volume Panel Customization

Music Control

Volume rocker wake

Reorient

Volume rocker wake

Volume key cursor control

Navigation

On-Screen nav bar

System Navigation

Full Screen gestures

Extended swipe action

Left/Right Swipe Action

Power Menu

Power menu animation

Restart toggle

Advanced Restart Toggle

Lockdown toggle

Screenshot toggle

Lockscreen visibility

Display

Ambient Display

Always on

Custom Options

Batter level on bottom

Always on when charging

New notifications toggle

Lift to check phone

Hand wave pulse

Pocket notifications on removal

Brightness options on Ambient

Ambient wake gestures

Ambient music ticker

Night Light

Adaptive Brightness

Styles and wallpapers

Screen Attention

Display Colors

Screen Savers

Screen rotations

D2w

Wake on plug

Game driver preferences

Device Changelogs :

– Initial Public Beta Android 11 Build

– Using Mizu New

– Selinux Permissive for now

– Added CameraGo

– Added GalleryGo

– Added Firefox Lite

– moar

19-10-2020

– Fix Offline Charging

– Fix Night Light

– Upstream Coral FP

– Ship with kernel 4.9

– Other Improvements

Known Issues :

– SeLinux still permissive

– dt2w not working on Goodix TC (Maybe)

– CTS False? Hide Magisk For Fix

29/09/2020 | HotFix

Fixed CTS Issue (Go to magisk > settings > turn on magisk hide, and CTS will passed.)

Cara Instal Android 11 pada Redmi 5a (Menggunakan Custom Rom):

  1. Pertama pastikan Redmi 5a sudah Unlocked Bootloader dan terinstal TWRP
  2. Download custom rom redmi 5a Android 11 simpan di penyimpanan ponsel
  3. Download Gapps
  4. Lakukan clean Instal (Wipe)
  5. Instal Rom dan Gapps
  6. Reboot

Download Custom Rom Redmi 5a Android 11 – Rom Nusantara Project

Nama Rom: Nusantara_v1.1-riva-13102020-OFFICIAL-0443.zip / Arsip
Versi 2.3
Tanggal 2020-10-13
Ukuran652.5 MB

Credit kepada Tim Rom Nusantara Project

Setelahnya kalian akan mendapatkan Redmi 5a kalian berjalan pada Android 11. Untuk add-ons silakan instal Magisk dan modul-modul lainnya. Juga, kalian bisa download dan ganti kernelnya untuk mendapatkan perbedaan hasil dalam performa.

Itulah Artikel Custom Rom Redmi 5a Android 11. Terimakasih kepada dev untuk rom kerennya.