Fitur pada Android 11

Fitur Android 11 Terbaru

Android 11 versi dev (pengembang) sekarang sudah bisa tercicipi oleh user ponsel Pixel. Google sendiri biasanya memperkenalkan sistem operasi terbaru Android setiap tahunnya dalam acara I/O.

Ada sedikit bocoran mengenai apa saja fitur-fitur yang terdapat pada Android 11 sebelum Google mengumumkannya secara resmi kepada umum.

BACA JUGA: Aplikasi CUT YING (Edit foto Anime sekali klik) Bahasa Indonesia 

Dari itu, droids.id telah mengumpulkan 11 fitur yang akan terdapat pada Android 11 terbaru, terangkum dari Computer World.

Pada umumnya, fitur-fitur tersebut sudah ada pada Android 10 (Android Q) namun terdapat beberapa peningkatan dalam beberapa fitur tersebut.

Fitur Android 11 Terbaru
Fitur Android 11 Terbaru

Fitur Android 11 

1. Kamera dan mikrofon aktif saat aplikasi terbuka atau kita gunakan 

Fitur serupa ini sudah tersedia pada Android 10, Google selaku pengembang Android telah membatasi akses lokasi. Ini juga saya telah ketahui sebelumnya, mengingat ponsel saya sudah memakai sistem operasi Android 10. Pemberian akses tersebut hanya tersedia ketika aplikasi berjalan, bukan berjalan dalam latar belakang (background).

Tentu saja fitur ini memberikan pengalaman privasi lebih kepada pengguna.

Pada Android 11, Google menambahkan keamanan privasi tersebut. Yakni dengan pembatasan akses kamera dan mikrofon kepada aplikasi. Sehingga kamera dan mikrofon hanya akan benar-benar aktof ketika aplikasi tersebut berjalan atau terbuka. Setelah pengguna menutup aplikasi tersebut, penggunaan data atau akses lainnya akan benar-benar terhenti.

BACA JUGA: Cara Hapus Semua Email Sekaligus

2. Akses lokasi latar belakang semakin perketat 

Masalah privasi sekarang memang benar jadi perhatian Google. Pada sistem operasi Android 11 Google memperketat akses perizinan lokasi aplikas yang berjalan pada background (latar belakang).

Alasan tersebut karena selama ini banyak sekali aplikasi yang meminta perizinan akses lokaso pengguna ketika berjalan pada latar belakang. Padahal aplikasi masih akan bisa berjalan normal tanpa akses tersebut.

Google juga akan mengotorisasi aplikasi secara manual untuk memilah dan menentukan apakah benar aplikasi tersebut memerlukan akses lokasi pada latar belakang atau tidak.

Baca Juga  Mitos Charger Ponsel yang Nyolok Terus

 

3. Update Aplikasi Google Play Store semakin mudah 

Fitur ini masih lanjutan dari fitur yang ada pada Android 10, dimana Google dapat mengupdate beberapa elemen pada sistem.

Dengan ini Google bisa lebih leluasa memperbarui aplikasi tanpa melibatkan pengembang langsung dari Play Store.

Selain itu ada peningkatan modul pada sistem aplikasi. Termasuk dalam pengaturan untuk mengatur akses privasi ke penyimpanan internal dan menangani sistem tampilan (antarmuka) aplikasi.

4. Gelembung Pemberitahuan (Notifikasi) 

Gelembung notifikasi atau bubbles memungkinan aplikasi muncul pada layar dalam ukuran kecil saat ada pemberitahun baru yang masuk. Fitur ini sudah terdengar dari dan akan terdapat pada Android 10 padahal.
Konsepnya tentu mirip dengan pop-up notifikasi yang terdapat pada notification bar untuk membalas pesan dan mengambil tindakan bila ada pemberitahuan yang masuk.

Kita bisa mengetuk gelembung notifikasi untuk membuka aplikasi dan mengetuknya sekali lagi untuk mengecilkannya (minimiza). Tentu saja ini bukan fitur baru, pada beberapa versi android sudah bisa mencicipi fitur ini sebagai fitur bawaan, yang bisa kita pakai untuk beberapa aplikasi, bukan untuk aplikasi chating semata.

5. Pengkategorian Notifikasi 

Pada Android 10 terdapat fitur ini, yakni membagi notifikasi dalam dua kategori: notifikasi utama (prioritas) dan yang kurang prioritas

Dalam pengembangannya pada Android 11 nanti akan ada satu tambahan kategori notifikasi yakni berdasarkan perpesanan instan. Seksi ini berada pada bagian atas panel pemberitahuan (notification bar).

6. Screenshoot yang lebih lengkap 

Screenshoot atau tangkapan layar menjadi fitur penting sekarang. Kita sudah terbiasa mengcapture yang tampak pada layar lantas menyimpan atau membagikan tangkapan layar tersebut. Pada Android 11 nantinya Google akan menambahkan perkakas (tool) untuk menangkap SS dalam format panjang.

Sebenarnya beberapa ponsel meskipun yang menjalankan sistem operasi sebelumnya pun sudah bisa menggunakan fitur ini dengan fitur screenshoot bawaan atau bahkan via aplikasi.

Juga kabar gembira untuk para gamer, bahwa nanti Google akan menyematkan fitur screen recorder, perekaman layar pada menu Quick Setting. Hei, ini sudah tidak asing, beberapa ponsel yang bukan android 11 pun sudah bisa merekam layar oleh aplikasi bawaan bahkan dengan perekaman suara system.

Baca Juga  Cara Menginstal Smarttap Gratis di iOS

Mungkin dengan dukungan oleh Google, perekaman layar ini bisa lebih keren. Entahlah.

7. Pendeteksi pengembang aplikasi 

Android 11 akan hadir fitur untuk bisa mendeteksi apakah ponsel yang kita pegang milik oleh perusahaan atau milik kita pribadi.

Mungkin jatuhnya lebih ke profil yang dipilih pada sistem Android sebelum menyerahkan ponsel kepada pekerja. Namun kalau profil tersebut tidak diisi, maka perangkat android tersebut akan terdeteksi sebagai perangkat pribadi.

Penting nggak sih, buat awam seperti kita?

8. Penyimpanan SIM digital 

Fitur yang cukup menarik, akhirnya. Fitur penyimpanan SIM digital secara khusus akan ditambahkan Google pada Android 11. Kendala yang mungkin akan dtemui adalah tidak semua negara memberlakukan sistem SIM secara digital seperti Indonesia. Yah, gimana dong?

Untuk contoh negara yang sudah mengadopsi sistem SIM digital adalah Wyoming, Amerika Serikat. Pada penampakannya seperti aplikasi serta menggunakan sidik jari untuk masuk ke perangkat.

9. 5G 

Teknologi 5G semakin merambah dan sudah diadopsi di sebagian negara di dunia. Kemungkinan tahun-tahun berikutnya teknologi ini akan semakin pesat dan banyak digunakan di berbagai negara di dunia. Tentu saja Google tidak mau ketinggalan untuk urusan ini.

10. Pin Favorit di menu bagi (share) 

Dengan fitur ini pada Android 11 maka pengguna akan mampu menyematkan tujuan pembagian (sharing) file pada menu share.

Katanya fitur ini untuk mempermudah pengguna apabila sering melakukan aktifitas berkirim file dalam bentuk apapun kepada pengguna android lain.

11. Dark Mode yang menyala otomatis

Dark Mode (Tema Gelap) menjadi trend tersendiri belakangan ini. Ragam aplikasi sudah mengadaptasi tampilan gelap pada antar mukanya. Walaupun begitu tidak semua pengguna suka pada tampilan gelap ini ada tentu sebagian yang tidak menginginkan mode ini dipanjang sepanjang waktu.

Nah, pada Android 11, kita sebagai pengguna bisa menjadwalkan tampilan gelap agar dapat aktif dan non-aktif secara otomatis. Mungkin seperti alarm on-off, ya.

Itulah fitur Android 11 terbaru yang dirangkum Droids.id dari beberapa sumber. Semoga mencerahkan.

Verification: 10ef2348b5c96cd8