Pengalaman Install Android Nougat pada Samsung Galaxy Grand Prime

Suatu hari temen ane datang ke kamar, pingin root android miliknya. Penyebabnya adalah samsung galaxy grand prime yang ia punya mulai sedikit lemot dan ingin install aplikasi yang harus punya akses root. Semacam lucky patcher dan sejenisnya. 

Upgrade Galaxy Grand Prime ke Nougat

Ane sanggupin dong, secara ane tukang oprek android kambuhan.  Langkahnya adalah rooting terlebih dahulu tentunya.

Root Galaxy Grand Prime:

Ane gunain tutorial pada: Cara Root Samsung Galaxy Grand Prime

Tentu aja, itu nggak mengubah keadaan. Karena galaxy grand-nya baru di-root. Untuk menghapus aplikasi yang nggak dipake, ane coba install titanium backup. Ternyata fungsi root masih belum tuntas. Karena SuperSu mesti di-update. Maka ane pun update, SuBinary-nya. Cara paling gampang adalah dengan update via playstore (otomatis) lalu install via recovery. Atau lihat metode ini:.

Tutorial :Su Binary Update

install android n pada grand prime

Kemudian dia datang lagi, katanya pingin nyoba install ulang / flash android miliknya pake Rom custom. Ane pilih rom ressurection remix.

Karena HH miliknya baru sampai di-root doang, ane pasangin deh tuh pada adnroidnya, TWRP. Dan jelas kalau pingin install android N harus pakai TWRP minimal seri 3.0. Tutorialnya sedikit ribet untuk install TWRP 3.0. setelah ane baca-baca, gampangnya install dulu TWRP versi 2.8.

Cara pasang TWRP 3.0.2.0 pada Galaxy Grand Prime

Caranya ternyata sama seperti proses rooting pada galaxy grand prime, yakni menggunakan aplikasi ODIN. Langkahnya bisa dilihat dari cara root di atas, yang beda cuma ganti file root dengan file TWRP yang berformat .tar.

  1. Download terlebih dahulu TWRP versi 2.8 format .tar
  2. Flash via odin
  3. Download file ini dan simpan pada sdcard TWRP versi 3.0.2.0 format .img
  4. Flash file img via TWRP (ganti flash zip, dengan flash img pada menu install)
  5. Done
Baca Juga  Upgrade Xperia L ke Android Nougat [7.1]

Jadi intinya untuk flash twrp versi 3.0.2.0 kita harus install dulu TWRP yang versi 2.8. Setelah itu kita download TWRP 3.0.2.0 yang berformat .img lalu flash via twrp. Pilih install, tapi klik pada opsi instal.img bukan install .zip. Berarti proses rooting dan penginstallan custom recovery (TWRP) sudah berhasil, tinggal flash custom rom.

Install Android N pada Galaxy Grand Prime

Setelah berhasil langkahnya, ane masuk ke TWRP, untuk backup dulu rom sebelumnya. Jaga-jaga kalau rom versi N nggak sesuai harapan, atau mungkin gagal flashing. Dan nyebabin bootloops atau apa.

Cara backup rom android cukup klik opsi ‘Backup’ maka secara otomatis twrp akan membackup rom, itupun ada opsi, mau kita install systemnya saja atau sekalian boot, data, cache dan sebagainya.
Karena ukuran backupunnya cukup gede (backup system, boot dan data aja ngabisin penyimpanan ampe 4gb) maka ane cuma backup systemnya aja sama boot.

  1. Download Custom Rom Galaxy Grand Prime (Kumpulan Rom Galaxy Grand Prime)
  2. Download gaps versi 7.1 (ane mau install android N kan, jadi gappsnya gunakan versi N juga. Gapps versi Pico
  3. Simpan kedua file atas pada telepon, lalu masuk ke mode recovery (TWRP)
  4. Wipe data, factory reset, dalvik cache, system.
  5. Flash zip Rom
  6. Done
Baca Juga  Cara Flash Firmware Samsung Caramel E1272

Ane berhasil naikkin versi android untuk samsung galaxy grand prime ke android versi N atau 7.1.
dengan menggunakan ressurection remix.

Kendala ROM Nougat pada samsung galaxy grand prime

Mungkin ini bisa juga kita sebut kelebihan dan kekurangan (penginstallan rom) android N pada Samsung Galaxy Grand Prime. Pertama tidak ada hambatan sama sekali, flashing rom tergolong cepat dan bisa kita katakan simple. Yang paling lama adalah menunggu booting pertama, itu lama sekali tentu aja. Performa rom pun ane rasa sangat berbeda dengan sebelumnya. Gegas dan flawless dengan segala kelebihan fitur android N tentunya.
  1. Masalah pertama yang kita temui adalah akses root yang mesti update su binary nya. Itu gampang kita tinggal update via playstore dan flash via twrp.
  2. Kamera Gagal Fungsi
  3. Tidak bisa theatering / hotspot wifi
  4. Ane lupa,

Bug mayornya yang terasa adalah kamera. Karena temen ane eksis banget pada medsos.tentu bakal repot kan kalau ponselnya nggak bisa jeprat jepret poto.

Pun error saat menyalakan fungsi hotspot.

Intinya sii, mungkin memang android N yang beredar sekarang belum sempurna, masih ada mayor bug pada custom rom tersebut yang jadi pertimbangan untuk bisa kita gunakan sehari-hari. Tapi tidak menutup kemungkinan suatu hari ada cusrom yang sempurna. Atau mungkin ane harus cari android N yang udah stabil (dalam artian cicipi custom rom versi N lain)

Hari berikutnya ane downgrade samsung galaxy grand prime dari versi N ke versi M.
Kapan-kapan ane bahas, mungkin pada artikel berikutnya kalau tidak hujan.

(source pic:phonearena)

Verification: 10ef2348b5c96cd8