install mikhmon pada android

2 Cara Mudah Install Mikhmon di Android bisa Untuk Membuat Voucher Hotspot di Hape

Pada kesempatan ini droids.id akan membahas dua cara install Mikhmon di Android. Dengan hal tersebut nantinya kita bisa mencetak voucher hotspot di hape android.

Bagi yang belum tahu, Mikhmon sendiri adalah kependekan dari Mikrotik Hotspot Monitor, yakni aplikasi berbasis web untuk membantu manajemen Hotspot Mikrotik. Khususnya Mikrotik yang tidak mendukung User Manager.   

Mikhmon sendiri adalah aplikasi buatan Laksamadi Guko.

Fitur yang terdapat Mikhmon di Android, sama seperti yang kita install-kan pada PC, yakni:

  1. Menambah, mengedit user (pengguna) hotspot.
  2. Membuat user hotspot banyak sekaligus (untuk voucheran)
  3. Menambah, mengedit dan menghapus user profil
  4. Mencetak voucher.
  5. Quick Print atau mencetak voucher ke thermal printer via bluetooth.
  6. Laporan penjualan.
  7. Membuat variasi (custom) pada template voucher.
  8. Multi router, jadi kita bisa menambah lebih dari satu router dalam 1 Mikhmon.

2 Cara Install Mikhmon di Android.

Install Mikhmon di Android secara sederhananya mungkin dengan menginstal server lokal pada hape kita. Di Play Store banyak sekali ragam aplikasi yang menyediakan fitur tersebut.

1. AWebServer

awebserver
AWEBSERVER ANDROID

Untuk install Mikhmon di Andoroid yang pertama adalah dengan menggunakan aplikasi AwebServer.

  • kita download dulu Awebserver di Playstore untuk diinstalkan di hape.  Tinggal ketikan saja Awebserver di kotak pencarian dan pilih yang ini, lalu instal (link download di bawah). Setelah terinstal kita biarkan aja dulu.
  • Kita akan download terlebih dahulu file mikhmonnya di situs official mikhmon itu sendiri. (link di bawah)
  • Setelah berhasil di download, karena file ini berbentuk zip, maka kita harus ekstrak terlebih dahulu. Gimana caranya mengekstrak file dengan format zip di Android?
  • Caranya dengan menggunakan fitur yang ada di file manager bawaan android itu, biasanya hape-hape zaman sekarang terdapat fitur tersebut. Saya juga menggunakan file manager bawaan untuk ekstrak file zip.
  • Atau kalo tidak ada, silakan download aplikasi RAR di playstore dan ekstrak file mikhmon yang sudah kita download.
  • Setelah berhasil diekstrak. Kita lanjut ke langkah berikutnya, yakni buka aplikasi Awebserver yang sudah kita instal tadi.
  • izinkan perizinan untuk mengakses file penyimpanan ponsel.
  • Lalu kita pilih menu Document Root dan pilih INTERNAL pada kotak dialog select storage. dan arahkan ke path folder mikhmon master yang sudah kita ekstrak tadi. Klik tombol select yang ada di bawah. awebserver2 1
  • Selanjutnya kita klik tombol START pada menu Service. Iklan akan muncul di sini, hiiih. Setelah menutup iklan, kita klik pada alamat ip yang muncul pada menu Address. Lalu otomatis akan terbuka aplikasi peramban chrome. AWEBSERVER3
  • Nah kita tinggal klik sekali lagi pada folder mikhmonv3master yang ada di situ. Dan tampilan login page Mikhmon akan terbuka. Itu artinya install mikhmon di android berhasil.

Untuk para master sudah pasti pada tahu kalo login page ini udah nongol.

Nah untuk yang baru pertama kali install mikhmon di Android, silakan isi Username dengan mikhmon dan passwordnya 1234. Untuk hal ini bisa kita ganti nanti ya.  

Lantas setelah masuk, kita bisa tinggal klik menu Add Router untuk menyambungkan mikrotik kita.

2. Termux

install mikhmon di android
TERMUX

Yang kedua kita bisa install Mikhmon di Android Menggunakan termux. Untuk cara yang satu sedikit ribet sii, kalo kitanya nggak teliti atau salah ketik gitu ketika menuliskan perintah pada aplikasi ini.

Oke, tapi ini layak dicoba.

  • Buka Playstore, lalu ketik termux pada kotak pencarian. Hantam tombol instal dan nunggu kelar sambil ngopi dulu, bentaran sih. (Atau klik link download di bawah)
  • Setelah terinstal kita buka aplikasi Termux lantas langsung saja kita ketikan perintah berikut, bisa juga kalian tinggal kopas, kopi paste ya biar gampang.
pkg install curl 
curl -o install-mikhmon https://laksa19.github.io/install-mikhmon.txt 
chmod +x install-mikhmon 
./install-mikhmon

Setelah selesai, tampilannya akan seperti ini:

Lalu kita keluar dari aplikasi tersebut dan buka peramban chrome lantas ketikan http://127.0.0.1:8080 login page dari mikhmon akan terbuka.  Dono, bos.

Atau kalian bisa lihat tutorialnya pada video berikut:

TIPS Install Mikhmon di Android

Tips agar tidak repot-repot mengetikan alamat setiap kita ingin membuka mikhmon pada chrome adalah dengan cara, pada kondisi kita sedang membuka mikhmon di chrome ya, klik tombol opsi, yakni yang titik tiga di pojok kanan atas, lalu pilih menu tambahkan ke layar utama.

Dengan itu akan muncul shortcut di beranda ponsel yang langsung menuju ke laman login mikhmon bila kita mengekliknya.

Konklusi:

Dari kedua cara di atas, saya sendiri lebih nyaman menggunakan Termux, kenapa? Karena, entah mungkin di hape saya aja, server aplikasi AwebServer suka mati sendiri, sehingga repot harus membuka dulu aplikasinya lantas menjalankan servernya lagi.

Ribet bila dibandingkan dengan termux yang ON Terus. Sehingga saya tinggal klik shortcut yang sudah saya bikin dan tinggal login saja.

Oke, itulah 2 cara install Mikhmon di Android versi droids.id.

More Stories
miui 11 redmi 4x
Download MIUI 11 Global Stable Redmi 4X