istilah dalam teknologi

Ketahui Istilah-istilah dalam Teknlogi Ini Biar Kamu nggak Gaptek

Sebenarnya penting nggak penting mengetahui istilah teknologi pada zaman sekarang. Namun keberadaan teknologi tersebut sekarang sedang parah-parahnya. Dari gadget yang mulai berkembang pesat, semisal ponsel cerdas dengan berbagai istilah yang sering kamu temui.

Bre misal, dia tahu apa itu wifi, apalagi wifi gretongan deket kantor desa atau mall sewaktu Bre ngopi starbucks. Tapi ketika ada yang nanya apa arti wifi dia malah cengir, “Wifi itu istri orang kan?” lalu Bre langsung ternganga.

Itu ‘Wife’, Bre. Yalehaaa….

Istilah Teknologi

Terlepas dari perlu tau apa nggak tentang istilah-istilah itu, toh Bre katanya nggak bakalan ditanya sama malaikat ketika masuk kubur, “Apa password wifi warungnya si Deri?”

Tapi nggak salah juga kalau kita tahu, kan. Misal beberapa istilah yang suka ada pada gadget dan teknologi bawah ini

#1. 4G LTE 

Zaman sekarang istilah ini sering kedenger, biasanya kita kaitkan dengan ponsel yang baru-baru, yang katanya juga lebih cepet. Ternyata 4G adalah singkatan dari fourth-generation technology, jaringan mobile broadband generasi keempat yang menawarkan akses data yang tinggi. Terdapat dua kandidat standar untuk 4G dunia yaitu standar WiMAX dan standar Long Term Evolution alias LTE. Ponsel kamu udah 4G belum? Well, kita tahu jaringan internet Indonesia juga belum cukup merata, kebanyakan hanya ada pada kota besar.


#2. E-Commerce

E-Commerce ini kepanjangan dari Electronic Commerce, yakni aktivitas ekonomi yang terjadi di internet. Hal ini meliputi pembelian, penjualan serta transakski barang ataupun jasa. E-Commerce juga sering di sebut di Indonesia dengan istilah E-Dagang.


#3. FAQ

Ketika kita masuk ke website bisa tema apa saja. Dalam keseharian saya misal ketika berkunjung di postingan Custom ROM di XDA, atau juga situs kepenulisan, dan pastinya banyak lagi yang menggunakan istilah FAQ . Kamu tau, FAQ adalah kepanjangan dari Frequently Asked Question adalah suatu kumpulan dari pertanyaan yang sering diajukan (beserta jawabannya).

Baca Juga  Build Hero Atlas MLBB Tips & Triks

#4. Captcha

Kamu sering download atau ketika membuka suatu hal situs internet) yang memerlukan pengisisan code Captcha pasti ngeuh istilah itu. Namun berani taruhan, sedikit dari kamu yang tau apa kepanjangannya kan. Ternyata Captcha ialah kepanjangan dari Completely Automated Public Turing test to tell Computers and Humans Apart. Proses ini biasanya meminta seorang pengguna untuk menyelesaikan suatu uji sederhana, untuk memastikan bahwa kamu adalah manusia bukan bot. Itu untuk menghindari spam atau tindakan lainnya yang tidak kita inginkan.

#5. WWW

Nah ini pasti semua nggak asing. Kita sering lihat istilah ini dan selalu menghubungkan dengan nama sesuatu yang berhubungan dengan alamat web pada internet. WWW atau World Wide Web adalah suatu ruang informasi pengenal global yang mereka sebut Uniform Resource Identifier (URI) untuk mengidentifikasi sumber-sumber daya yang berguna.

#6. HTML

HTML atau Hypertext Markup Language adalah salah satu varian dari SGML dalam pertukaran dokumen melalui protokol HTTP. Pasti masih pusing ya. Hihi, Kamu bisa menganggapnya kode-kode yang bikin mumet gitu deh. Kalo kamu tukang oprek template blog / website pasti sering menemui dan mengoprek kode-kode tersebut. Dan penerapannya jelas bukan hanya pada template blog saja.

#7. HTTP

Kalau kita sering internetan pasti sempat memperhatikan ada istilah ini. Penulisannya misal pada https://droids.id. HTTP adalah kependekan dari Hyper Text Transfer Protocol, yaitu protokol untuk mentransfer dokumen HTML dalam World Wide Web (www).

#8. VPN

Kalo ini pasti yang sering terdengar adalah istilah Free VPN dalam ponsel android. Dengan menginstal aplikasi yang ada free VPN-nya kamu jadi bisa mengakses internet yang terblokir. Dan VPN sendiri adalah singkatan dari Virtual Private Network, yakni sebuah bentuk akses internet pribadi yang akan memanipulasi koneksi kamu sehingga kamu akan menerima dan mengirim data seakan kamu berada pada tempat yang lain. Sehingga bisa melakukan aktivitas pada internet dengan aman dan tidak terlacak. Itu intinya, tidak terlacak.

Baca Juga  Ubah Router Jadi Access Point

#9. IP

Sedangkan IP atau Internet Protocol adalah deretan angka biner antara 32-bit sampai 128-bit yang dipakai sebagai alamat identifikasi untuk tiap komputer host dalam jaringan internet.

#10. DNS

DNS atau Domain Name Service ialah layanan pada internet untuk jaringan yang menggunakan TCP/IP. Layanan ini untuk mengidentifikasi sebuah komputer dengan nama bukan dengan menggunakan alamat IP.

#11. MAC Address

MAC Address atau Media Acces Control Address adalah ID dari sebuah device yang terhubung dengan network. Seperti Ethernet controller atau wireless internet.

#12. ISP

ISP adalah kepanjangan dari Internet Service Provider, yakni sebutan untuk penyedia layanan internet.

#13. URL

URL adalah singkatan dari Unifrom Resource Locator yaitu merupakan rangkaian karakter menurut format standar tertentu. Gunanya untuk menunjukan alamat dari suatu sumber misalnya seperti dokumen, file dan gambar yang terdapat pada internet.

#14. HDMI

HDMI atau High Definition Multimedia Interface adalah salah satu antarmuka (interface) peralatan audio/video digital tanpa kompresi yang terdukung oleh industri. Jadi inget PS3 ketika pertama mengenal istilah ini.

#15. WiFi

Ini yang paling sering orang nyariin zaman sekarang, apalagi yang gratisan. WiFi adalah singkatan dari Wireless Fidelity. Yaitu teknologi wireless atau nirkabel yang memiliki kemampuan penyedia akses internet dengan bandwidth besar.

Itulah, istilah istilah dalam gadget dan teknologi yang memang penting nggak penting buat kehidupan sehari-hari. Tetapi nggak salahnya biar kamu tahu 🙂
Verification: 10ef2348b5c96cd8