Kelebihan Android Nougat (7.0)

Kita tahu setiap versi android datang dengan kelebihan dan fiturnya masing-masing. Baik dari segi tampilan, atau perubahan yang kecil sampai dominan.  Misalnya yang cukup terasa adalah (dari segi tampilan) hadirnya material design pada perangkat besutan google ini. Kalau tidak salah, tampilan material design ini google terapkan pertama pada android versi M.

kelbihan android n
Tapi siapapun yang mengikuti perkembangan android pasti menyebutkan bahwa perubahan besar yang sangat terasa, baik itu dari segi tampilan atau fitur adalah ketika hadirnya android versi Ice Cream Sandwich (ICS 4.0) yang beranjak dari android Gingerbread (GB 3.2).

Karena android Honeycomb tidak teradaptasikan ke perangkat smartphone. Android versi itu tercipta hanya untuk tablet (pada masa itu pasaran perangkat elektronik lagi rame tablet). Kehadiran android 4.0 membawa perubahan yang kita katakan signifikan. Beda kemudian dengan kehadiran android L yang terasa tidak beda dengan android generasi sebelumnya, K, untuk Kitkat.

Baca Juga: Mobil masa depan buatan Toyota

Kelebihan Android N

Pada kesempatan kali ini, saya akan bahas sedikit kelebihan atau fitur yang ada pada android N. Antaranya adalah:

Split Screen

Fitur split screen ini bukanlah hal yang asing lagi bagi pengguna Samsung, tentunya. Sedikit tidak menyangka juga Google ternyata mengenalkan fitur ini untuk pengguna android. Jadi bukan pengguna Samsung saja sekarang yang bisa mencicipi fitur ini. Dengan split screen, memungkinkan kita untuk melihat dua aplikasi sekaligus dalam secara bersamaan.

Kelebihan android N

Untuk mengunakan fitur ini, pertama kita harus mengaktikannya pada setting. Lalu coba buka beberapa aplikasi dan klik menu recent apps. Kemudian klik dan tekan aplikasi yang berada pada menu recent apps tersebut, dan lakukan hal yang sama untuk membuka aplikasi pada jendela sebelahnya. Pakai mode landscape untuk pengalaman terbaik ketika menggunakan fitur split screen.

Baca Juga  Cara Mudah Mengatasi TWRP minta Password

Smart Lock

Kadang ribet juga harus membuka (unlock) kunci layar lagi dan lagi. Tapi memang penting juga untuk mengunci ponsel kita, misal memakai passcode atau pola. Yang jelas kita tahu gunanya untuk menghindarkan ponsel kita dibuka oleh orang lain yang tidak kita kehendaki.

Kelebihan android N

Tapi bagaimana kalau sedang diam di rumah, ketika kita tidak terlalu khawatir tentang tukang maling ponsel atau orang lain yang membuka-buka file kita. Untuk itu ada fitur baru dalam Android N yang  istilahnya “Smart Lock”. Dengan fitur itu kita bisa mengatur lokasi di mana kita tidak usah menggunakan kunci layar pada android kita. Misal di rumah, kita bisa seting perangkat untuk tidak menggunakan pola atau passcode secara otomatis menggunakan fitu Smart Lock. Well, sederhana memang. Tapi cukup membantu lah untuk yang tidak pingin ribet-ribet amat.

Untuk mengaktifkan smart Lock: Setting > Security > Smart Lock > Trusted Places

Masukan lokasi di mana ponsel tidak butuh passcode atau pengunci layar.
Ada juga opsi lain dalam menu Smart Lock. Seperti On-Body Detection, dan trusted devices. Untuk On-Body Detection, bila kita aktifkan maka ponsel tidak akan terkuci bila sedang dalam saku, atau  sedang dalam genggaman tangan. Dan untuk opsi Trusted Devices, kita bisa mengaktifkannya, jadi ketika ponsel terhubung dengan perangkat lain, semisal Home Theatre, kita tidak perlu ribet dengan terus membuka kunci layar.

Baca Juga  Cara Memainkan Musik pada Discord Saat Main Game

Game yang tersembunyi

Sedikit orang yang tahu tentang fitur ini. Sebenarnya dalam android versi M juga terdapat fitu ini. Untuk mengaksesnya pergi ke Settings  -> System -> About Phone or Software info.

Kelebihan android N

Cari Android Version. Tap beberapa kali dan kemudian akan muncul logo N dan game akan mulai. Yah, sejenis permainan seperti Flappy Bird, lumayan kalau kamu lagi bête.

Offline Maps

Jika kamu suka bepergian, traveling, hiking, ngebolang kemana saja, mengunjungi tempat-tempat yang kadang tidak terdapat sinyal, maka gunakan fitur ini agar tidak terlalu tersesat. Misal kita ke tempat A yang sudah terkenal tidak ada sinyal. Lalu kita cukup buka saja peta tempat A sebelum kita berangkat lalu download petanya. Google maps juga akan memberi tahu kita ukuran yang diperlukan untuk peta yang kita download. Jadi saat tiba pada lokasi tujuan, kita bisa buka maps yang sudah kita download tadi dan yang penting tidak tersesat.

Kelebihan android N

Gunakan Mouse atau keyboard pada Ponsel Android.

Kita bisa menghubungkan mouse, keyboard pada android N via microUSB atau USB tipe port C. Tentu saja menghubungkan keyboard membuat aktifitas mengetik kita jadi efisien. Misal membuat laporan atau mengetik dalam halaman word. Dari versi sebelumnya memang sudah bisa juga menghubungkan perangkat-perangkat ini, tetapi menggunakan Bluetooth.

Kelebihan android n

(gambar dari arstechnica.com)
Tentu saja ini hanya sedikit fitur pada android Nougat. Bila kalian punya dan tahu fitur lainnya, sila kasih tahu pada box komentar.

Baca Juga: Casan Hp yang Nyolok terus bikin bengkak tagihan listrik nggak sih?

Verification: 10ef2348b5c96cd8