in

Menambahkan Gambar pada Postingan di Storial.Co

Siang, pada kesempatan ini saya akan memberikan tutorial ringan. Yaitu cara menambahkan gambar pada postingan pada salah satu situs kepenulisan Indonesia. Situs ini termasuk baru, baru berusia sekitar satu tahunan (saat ini) tapi udah lumayan rame. Dan situs kepenulisan ini bernama Storial.Co

Apa itu Storial?

Storial.co is a story sharing platform (mengutip dari situs resminya). Jadi bisa kita bilang tempat di mana para penulis untuk sharing tulisan mereka secara online.  Baik itu para penulis yang udah master sampai yang newbie seperti saya. Beda dengan dulu ketika pertama mengudara (udah seperti baling-baling bambu aja ya) kita tidak bisa sembarang daftar. Storial menggunakan sistem invite. Nah jadi kalau dulu kita harus ngancem temen dulu agar ngundang kita ke storial, bisa deh daftar di sana [laugh].

Tetapi sekarang sudah bebas kok, kita bisa daftar kapan aja asal punya niat dan paket internet. [hahaha]

Memasukan Gambar pada Postingan Storial

Balik lagi ke topik. Menyisipkan gambar pada postingan cerita pada storial.co Kenapa pakai gambar segala? Ya gapapa, kan pengen [slap]. Tentu udah pada tahu, gambar itu punya pengaruh kuat terhadap kesan. Misalnya saja pemilihan gambar sampul untuk cerita kita jangan sembarangan.

Itu adalah kesan pertama dari apa yang pembaca dapatkan sebelum beranjak membaca tulisan kita. Terus penting menyisipkan gambar pada postingan, selain cover? Penting tidak penting, cuma tidak ada salahnya [cengir]

Baca juga: Cara menyisipkan video pada postingan di storial.co

Ikuti langkah ini setelah kalian login.

  • Tambah buku (bila kalian memang akan membuat cerita baru) atau ubah buku pada menu “Buku Saya”. Saya anggap kalian sudah paham juga tentang menu-menu Storial.
  • Pada Edit postingan (baik itu buku baru atau ubah buku) klik icon gambar pada atas tab menu.
menambahkan gambar di storial
  • Isikan URL dengan link address gambar yang mau kita tambahkan. Cara mendapatkan link gambar. Cari gambar yang kamu inginkan pada internet, bisa gunakan penelusuran google. Setelah gambar terbuka sempurna, klik kanan pada gambar lalu pilih “copy image address” atau “salin url gambar” lalu paste di kolom URL pada tab menu storial tadi. Bisa juga kalian hosting sendiri gambar punya kalian pada tempat hosting. Kalau gambar dapat nyomot, jangan lupa sertakan credit kepada yang punya (hak cipta).
menambahkan gambar di storial
  • Atur ukuran gambar, lebar dan tingginya, pertama klik dulu ikon gembok agar kalian bisa mengaturnya.
  • Klik Ok

Hasilnya akan tampak seperti ini:

menambahkan gambar di storial


Tambahan: 

  • Agar gambar berada di atas dan textnya berada di bawah, atur lebar gambar 640-660 dan tingginya terserah, sesuaikan.
  • Kalau ingin menyisipkan sebelah kiri sesuaikan lagi ukuran tingginya Atur ukuran HSpace, Vspace dan Penjajaran.
menambahkan gambar di storial
Maka mungkin hasilnya akan seperti ini:

menambahkan gambar di storial

Demikian cara menambahkan gambar pada postingan pada Storial.co 🙂

Written by Soekotjo

Mau beli baju warna putih karena takut masuk neraka

push app ke sistem

3 Cara Push Aplikasi Android ke Sistem

ponsel kemasukan air

15 Tips untuk Ponsel yang Kemasukan Air