3

2 Cara Mengganti Ikon Android

Kita bisa mudah mengganti ikon Android. Saya rasa alasannya cukup mendasar, kita bosan pada tampilan ponsel yang setiap hari kita pegang.

Ikon pada ponsel Android bawaan dari pabriknya memang segitu-gitu aja. Bentuknya baku, kaku walau semakin sini mungkin menerapkan desain minimalis atau modern.

Mengganti Ikon Android

ikon android
ikon android

Kita bisa mengganti ikon-ikon tersebut sesuai dengan keinginan. Misalnya ikon tokoh-tokoh anime, games, bukan sekadar tampilan dark, atau gelap saja. Istilah untuk hal tersebut biasanya disebut Icon Pack.

Icon Pack banyak sekali jenisnya dengan varian-varian warna dan gaya. Kalian bisa dapat menggantinya dengan mudah. Root ponsel pun tidak kita perlukan untuk menerapkannya. Sejatinya mengganti ikon Android pada ponsel yang sudah root rasanya sama gampangnya dengan yang belum.

Untuk yang ingin root, mungkin bisa ikuti artikel berikut : Rooting Android

Theme Store Bawaan

theme store
theme store

Jika ponsel kalian misalnya dari brand Realme atau Redmi, bahkan merk-merk lain, suka terdapat Theme Store. Fitur tersebut adalah bawaan dari ponsel yang kita beli. Sejenis aplikasi yang di dalamnya termuat menu-menu untuk mengubah tampilan.

Baca Juga  Cara Mudah Menyimpan / Save Video dari Line Messenger

Mulai dari menu tema untuk mengubah tampilan keseluruhan (termasuk ikon pack), juga sampai jenis font. Semua itu bisa kita terapkan dengan mudah dengan sekali klik saja.

Pro:

Terdapat kemudahan dalam mengaplikasikannya. Kita tinggal masuk dan memilih tampilan yang akan kita terapkan. Dapat kita pastikan soal kompatibelitasnya. Jadi tidak ada istilah tidak cocok untuk perangkat ponsel kamu.

Con:

Terbatas. Semua tema dari tampilan ikon, font, wallpaper, terbatas. Bahkan mungkin juga bisa berbayar. Jarang sekali ada pilihan bagus selain berbayar.

Launcher tambahan

Opsi kedua ini jelas bisa mengubah tampilan ponselmu sekaligus ikon pada Android. Kamu bisa unduh ikon pack sebebas-bebasnya asal kompatibel dengan launcher yang kamu pasang pada Google Play Store. Pastinya banyak banget yang kompatibel. Kamu bisa lihat dan download Launcher terbaik pada Android pada postingan ini.

Baca Juga  Kumpulan Tweak Android | No 2 Bikin Kamera Lebih Bening!

Pro:

Banyak terdapat pilihan ikon-ikon pihak ketiga (icon pack) yang bisa kita dapatkan. Selain mengubah tampilan secara advance, juga memberikan kita pilihan pada keputusan untuk mengubah tampilan ponsel beserta ikonnya. Bahkan untuk ikon gratis pun banyak yang bagus dan keren.

Con

Kamu harus menginstal lagi aplikasi berupa launcher, selain launcher bawaan. Kita juga harus unduh ikonnya secara terpisah. Untuk ponsel dengan storage terbatas ini tentu menjadi pertimbangan.

Konklusi

Terdapat banyak opsi untuk mengubah ikon pada Android. Kamu bisa memilih opsi mana saja yang menurut kamu bisa kamu terapkan pada ponsel kamu. Dengan mempertimbangkan beberapa pro dan kontra pada setiap pilihannya.

Demikian artikel tentang cara mengubah ikon Android tanpa root. Semoga bermanfaat.

Verification: 10ef2348b5c96cd8