root android

4 Cara Root Semua Jenis Android Tanpa PC Sekali Klik

Awam mungkin sedikit atau bahkan tidak mengetahui istilah root pada ponsel android. Maka seringkali kalau mereka mendengar istilah itu, mereka akan mengerutkan kening. Mereka was-was. Apakah root aman atau tidak?

Apa itu Root Android?

Root Android dasarnya adalah seperti pembuka pintu masuk untuk memodifikasi ponsel ke level yang lebih dalam dan yang sebelumnya tidak bisa kita akses. Misalnya merubah partisi /data dan /sistem. Mempunyai root akses juga membuat kita bisa menginstall aplikasi ketiga yang mampu memberikan level modifikasi sistem dengan fitur yang berbeda dan bahkan baru.

Kita perlu mengingat tahap rooting ini hanyalah sebagai pembuka jalan. Tahapan berikutnya masih ada yang lain semisal unlockbootloader, S-Off (pengguna HTC), penginstallan custom recovery (untuk flash custom rom, mengganti kernel dan modifikasi antar perangkat). Atau install Xposed Framework yang mana berfungsi sebagai aplikasi untuk memudahkan modifikasi sistem secara non-destruktif. Dan kesemuanya itu kita memulainya dengan proses root pada Android.

Apakah Root Android Aman?

Android yang sudah melakukan prosesi root garansinya akan hilang. Itu berlaku untuk ponsel jadul. Ponsel kekinian masih bisa klaim garansi. Dengan itu menjadi pertimbangan sendiri buat penggunanya. Kalau misal ponselmu baru dan masih sayang kehilangan garansi, dan belum ada niatan yang kuat, ya pikir-pikir saja dulu. Pengalaman saya, baru seminggu beli Xperia Mini Pro langsung saya root, saya unlockbootloader, ganti kernel, lantas naikkin versi android.

Selama kita mengikuti tutorial dan banyak baca, maka root Android akan aman.

Baca Juga  Download Arrow OS Rom PIE [Official] Redmi 4x

Metode Root tanpa PC

Ada dua jenis cara root Android.

  • Rooting menggunakan PC: Laptop, Netbook.
  • Root tanpa PC

Namun belakangan ini bahkan ada 3 jenis: yakni rooting menggunakan media ponsel lain yang sudah root dan menggunakan semacam aplikasi lain, tweak. Prosesinya kita menghubungkan ponsel kita dengan ponsel Android tersebut sebagai media. Biasanya menggunakan kabel USB.

Metode Root yang akan saya bahas sekarang adalah metode Root tanpa PC. Istilah simpelnya, tinggal download satu aplikasi baik dari playstore atau dari web lain, install, klik, kelar. Beberapa tipe ponsel ada yang menggunakan metode download update.zip dan flash via recovery bawaan. Semisal samsung, xiaomi. Mungkin saya akan bahas pada lain halaman.

Untuk yang mau root android tanpa pc bisa coba download salah satu aplikasi dalam daftar berikut. Atau cobain satu-satu. Semisal nanti nggak cocok, suka ada pemberitahuan ketika aplikasi terbuka bahwa device isn’t compatible, atau device tidak terdukung.

Yang Paling Banyak dicari: Kumpulan Tweaks Android. No 2 Bikin kamera lebih bening

droids.id
4 Cara Root Semua Jenis Android Tanpa PC Sekali Klik

Framaroot

Banyak ponsel bisa root dengan aplikasi ini, pengalaman saya menggunakan aplikasi ini untuk root Oppo Joy dan Evercoss A12.

#Tutorial framaroot:

Install aplikasi framaroot, setelah selesai, buka aplikasi tersebut. Kalau seandainya menu aplikasi tidak terbuka dan ada tulisan not supported berarti device kalian tidak cocok. Cari metode lain. Kalau terbuka dan cocok, pilih install SuperSu. Pilih scrypt Gandalf atau Aragorn (kalau tidak cocok akan ada pemberitahuannya, jadi pilih scrypt yang lainnya). Setelah berhasil ada aplikasi aru terintall, SuperSu. buka aplikasi root tersebut dan update Binarinya. Via recovery atau pun manual.

Baca Juga  Cara Mengubah Tema pada Custom Rom Android (RR, AEX, LOS)
framaroot 3

Towelroot

Mengutip dari xda: “Created by XDA Recognized. Developer geohot, Towelroot us another root exploit app that is compatible with a large range of device. The root exploit itself is built around Linux kernel CVE-2014-3153 discovered by hacker Pinkie Pie… blah..blah…blah”

Pengalaman saya menggunakan ini sewaktu root Xperia E single sim.

# Tutorial penggunaan Towelroot:

Buka aplikasi, tampilannya akan seperti gambar. Klik saja “make it ra1n” dan tunggu prosesnya. Setelah selesai download SuperSu dari Playstore intall, lalu update binarinya. Kelar.

make it rain root dengan towelroot

Kingroot

Kingroot ini menggunakan sistem cloud katanya, jadinya ya perlu koneksi internet untuk mengoperasikan aplikasi ini. Opsi yang rada ribet memang. Tetapi banyak yang berhasil karena informasi device kamu akan tersinkronisasi dengan data dan keperluannya apa saja untuk melakukan proses rooting.

# Tutorial Kingroot:

Buka aplikasi kalau sudah terintal lantas klik saja lingkaran hijau besar tengah itu. Namanya juga metode sekali-klik. Lantas tunggu prosesnya dan pastikan jaringan internetmu stabil.

kingroot1
kingroot2

Root Master

Aplikasi ini juga termasuk tinggal klik-klik lalu kelar. K3 (klik-klik-kelar) Turtorial penggunaan Root Master bisa kamu ikuti pada gambar bawah ini.

Tambahan

Untuk lebih efektifnya, download SuperSu dari playstore, update binarinya, lalu hapus root masternya. Kita harus melakukannya secara manual.

Konklusi

Mungkin banyak sebenarnya aplikasi root tanpa pc yang terdapat pada playstore sekali klik. Tapi baru empat ini yang saya ketahui benar-benar tahu apa yang mereka lakukan. Kamu bisa cari lagi referensi lain terkait rooting Android. Kamu juga harus siap akan segala resikonya.

Verification: 10ef2348b5c96cd8