instal spectrum

Tweak Kernel Spectrum All Kernel semua Android

Kernel yang kamu pasang tidak mendukung spectrum? Kamu bisa mengakalinya dengan ikuti langkah berikut ini. Siapkan saja bahannya.

Apa itu Spectrum?

instal spectrum

Mengutip dari postingan resminya pada xda, Spectrum adalah manajer kernel sederhana yang memungkinkan pengembang (para developer) membuat profil untuk melayani penggunanya. Ini berguna untuk pengguna yang tidak berpengalaman (user biasa) dengan mengutak-atik kernel atau yang menginginkan sesuatu yang hanya dengan sekali klik. Walaupun aplikasi ini berjalan khusus untuk android 5.0 (lolipop) ke atas.
Dari situ bisa kita simpulkan dan bayangkan, bahwa spectrum adalah tentang kesederhanaan yang memudahkan kita membuat perubahan dengan sekali klik. Tidak perlu mengatur value apa-apa lagi semisal seperti yang harus kita lakukan pada Kernel Auditor.

baca juga: Cara mengubah tema pada custom rom 

Profil Spectrum

Ada beberapa profil, tepatnya empat profil dalam aplikasi spectrum yang bisa kita pilih, yakni: Balance, Performance, Batere, dan Gaming. Mungkin dari situ kita sudah bisa menafsirkan arti dari nama-nama profil tersebut. Yup, kita tinggal memilih, klik, dan selesai.
Yang jadi masalahnya, kalo bisa kita sebut masalah, yakni adalah pengaplikasian aplikasi Spectrum itu tergantung dari kernel ponsel kita, support atau tidak. Mendukung apa nggak. Ya kalau kebetulan para dev (untuk perangkat android kita) menanamkan spectrum pada kernel buatannya, yang kita lakukan cukup mudah, yakni tinggal instal aplikasi Spectrum yang bisa kita unduh dari playstore.
Tapi bagaimana kalau tidak, dalam artian kernel kita tidak mendukung Spectrum?

Spectrum Injector

Tenang ada Spectrum injector.
Sebagaimana yang sudah dev sebutkan yakni kita tinggal menginstal Spectrum Injector lalu mengisi sendiri profil-profilnya sesuai dengan fungsinya pada folder  yang akan muncul kalau kita sudah menginstal Spectrum Injector lewat TWRP.
Dan tidak usah bingung bagaimana cara membuat profil-profil ini, karena sudah tersedia profil-profil tersebut, jadi tinggalnkita tempatkan saja. Iya, untuk awam seperti kita, mungkin kebayang susahnya. Dan terimakasih kepada grup telegram redmi 4x untuk profilnya.
Walaupun begitu profil-profil ini bisa kita gunakan untuk semua ponsel dan kernel, asal sudah menginstal Spectrum Injector tadi.

Langkah Penginstalan Spectrum

Langkah penginstalan spectrum untuk kernel yang tidak mendukung Spectrum:

Baca Juga  Download Arrow OS Rom PIE [Official] Redmi 4x
1. Ponsel kita harus terinstal Twrp / recovery custom lainnya dan sudah ROOT.
2. Download Spectrum Injector
3. Download aplikasi Spectrum dari Playstore.
4. Download Profil Spectrum (file zip jadi harus diekstrak dulu, link ada di bawah)
5. Flash Spectrum Injector lewat TWRP
6. Lalu cari folder Spectrum pada penyimpanan Internal (akan otomatis terbuat sendiri ketika kita flash spectrum injector). Dan timpa semua profil di sana dengan semua profil yang sudah kita download.
7. Restart.
Credit dan ucapan terimakasihnya kepada dev frap129 melalui postingannya di xda yang sudah membuat Manajer Kernel Spectrum ini.
Well, itulah cara menginstal Spectrum untuk kernel yang tidak mendukung. All android, all Kernel.

Download Profil Spectrum: 

Ada 3 profil di sini perhatikan nama profilnya.
Verification: 10ef2348b5c96cd8