SAMSUNG J5 ROOT

Cara Pasang TWRP dan Root Samsung Galaxy J5

Cara root Samsung J5 sebenarnya sangat mudah, itupun kalau sudah terbiasa mengoperasikan aplikasi ODIN dan sudah familiar dengan SuperSU ataupun mungkin Magisk. Akan tetapi fungsinya hampir sama saja, bedanya dengan Magisk mungkin lebih lengkap saja dari module dan fitur-fitur pada aplikasi tersebut.

Fungsi Root Android

Fungsi root pada Samsung J5 sendiri banyak.  Kamu bisa memodifikasi ponsel kamu, dari tampilan dan bahkan lebih advance lagi. Misal saja menghapus aplikasi bawaan, instal aplikasi yang aksesnya harus root terlebih dahulu ponsel kitanya, sampai instal custom rom. Yang terakhir adalah yang paling mantap, memang.

Cara Pasang TWRP dan Root Samsung Galaxy J5

Konsekwensi Root

Terlepas dari alasannya, mungkin kalian sudah membaca juga kekurangan dari prosesi root ini. Ada kelebihan, pasti ada kekurangannya juga. Misal saja kita tidak bisa menginstal aplikasi yang sudah terbekali dengan keamanan tinggi, misal aplikasi Ojek Online, atau aplikasi pembayaran online pun. Mbanking kadang ada yang tidak bisa terbuka. Dan bahkan game-game suka mendeteksi ponsel kita sudah root atau belum, untuk menghindari game tersebut cheat oleh aplikasi pohak ketiga.

Saya yakin kamu sudah tahu konsekuensinya untuk melakukan rooting pada Samsung J5 ini. Ada yang bilang memang, Android kalau tidak root itu seperti ada yang kurang saja. Itu merupakan pemikiran yang sudah terbiasa oprek atau modifikasi ponsel android miliknya.

Baca Juga  Cara Mudah Root Oppo F1 Plus X9009 tanpa PC

Pengaruh dari root sendiri adalah kehilangan garansi dari cs. Itu pun kalau kamu masih memiliki garansim dan cs ada sekitar kotamu.

Bahan-bahan untuk root Samsung J5

Oke, langsung saja ke materi pokoknya, yakni cara root samsung J5. Untuk itu kalian siapkan bahan-bahannya terlebih dahulu.

  • Laptop
  • Kabel USB
  • Paket data internet untuk mengunduh aplikasi dan file yang akan kita gunakan untuk prosesi root samsung J5.

Bahan Download

  • Driver Samsung (skip kalau sudah terinstal pada laptop)
  • Odin (Ini juga sama, lewati saja kalau sudah punya)
  • TWRP (via Google Drive)
    J530F
    J530G: 
    J530GM: 
    J530Y:
    J530YM
  • MAGISK v 20.1 (File root simpan pada penyimpanan ponsel pada memory card)

Langkah eksekusi

Setelah lengkap ikuti langkah berikut:
  1. Setelah memastikan driver terinstall dengan benar, buka Odin pada komputer / laptop.
  2. Centang OEM Unlock pada ponsel. Kamu bisa mengaktifkannya di Developer Option (Mode Pengembang). Jika Devepoler Option belum muncul, pergi ke Setting (Pengaturan) > About Phone (Tentang Ponsel) lalu ‘tap’ 7 kali pada Build Number lalu kembali ke Pengaturan. Maka Developer Option akan muncul.
  3. Setelah itu, masuk ke Odin Mode (Download Mode) pada ponsel, caranya matikan ponsel lalu tekan tiga tombol berikut secara bersamaan: Volume Bawah + Home +Power.
  4. Setelah masuk, tekan volume Atas untuk melanjutkan
  5. Hubungkan ponsel dengan komputer sampai terdeteksi, bila tidak terdeteksi, pastikan driver samsung sudah terinstal dengan benar. Atau coba pindah PORT.
  6. Bisa juga, kalau ODIN tidak mendeteksi ponsel kamu. Tutup aplikasi Odin, putuskan koneksi antara ponsel dan komputer lalu hubungkan, baru buka aplikasi ODIN.
  7. Lihat pada panel ODIN (kotak panjang)  bawah bertuliskan 0:(COM[angka port perangkat]) misal 0:(COM5) dan ada highlight warna biru muda sebagai tanda ponsel sudah terhubung dengan Odin. Bila belum terbaca, reconnect kembali koneksi ponsel dengan komputer, cabut dan hubungkan kembali kabel data dengan ponsel. Bila masih tidak terseteksi coba kalian pindah port usb, atau ganti kabel usb-nya. Lantas lihat pada panel Odin ada tulisan <ID:0/05> Added!!! 05 adalah nomor port yang terkoneksi.
  8. Klik PDA atau PA, lalu cari file TWRP sesuai dengan seri Samsung J5 kalian yang sudah kalian download tadi untuk
  9. Setelah itu klik tombol START pada Odin, dan biarkan flash berlangsung. Tidak akan memakan waktu lama kok.
  10. Selamat, TWRP sudah terpasang. Saatnya instal file ROOT.
  11. Masuk recovery mode (TWRP) Dalam keadaan mati, pencet tiga tombol berikut ini: Volume Atas + Home + Power
  12. Pada TWRP pilih menu Install lalu flash file MAGISK yang kalian simpan pada penyimpanan ponsel.
  13. Setelah selesai tinggal reboot ke system
  14. Done
Itulah artikel tentang Cara Pasang TWRP dan Root Samsung Galaxy J5 . Semoga kalian berhasil.
Verification: 10ef2348b5c96cd8