upgrade xperia l

Upgrade Xperia L ke Android Nougat [7.1]

Rom Xperial L Android N. Kali ini saya akan memberikan tutorial install Android N pada Xperia L menggunakan ChyperOs (AOSCP). Sempet nggak nyangka sii, ponsel xperia ini dapat juga merasakan android 7.1 secara smartphone ini termasuk keluaran lama juga. Well, terimakasih kepada Agent_fabulous pada forum XDA.

Rom bawaan Xperia L dari Sony cuma mentok pada OS Android versi Jelly Bean. Sudah cukup tinggi, mengingat JB masih tersupport oleh penciptanya sendiri yaitu google. Namun tentu fitur-fiturnya sebatas itu, beda dengan perangkat yang kita install rom, misal Kitkat, Marshmalllow, atau pun Nougat, juga nanti sebentar lagi mungkin, android akan keluar yang versi barunya dari seri O. Mengingat OS ini yang paling cepat mengeluarkan versi terbaru dari operating systemnya.
Jangan berkecil hati karena develepor android yang rajin-rajin itu sudah berhasil menelurkan custom rom versi Nougat untuk Xperia L, salah satunya adalah ChyperOS ini. Baik langsung saja:

DISCLAIMER
>DWYOR: SAYA TIDAK BERTANGGUNG JAWAB KALAU DENGAN MODIFIKASI INI HAPE KAMU BERASAP LALU KELUAR JIN TOMANG, PERANG DUNIA KE 3, PACAR MINTA KAPAL JET, MANTAN KAMU HAMIL, ATAU AVENGER BUBAR!

PERSIAPAN FLASH CUSTOM ROM

#1 Xperia L kalian harus dalam keadaan Root, Unlockbootloader, kalau belum, baca ini: https://droids.id/cara-root-dan-pasang-custom-recovery-pada-sony-xperia-l/
#2 Kalau seandainya flash via CWM recovery tidak bisa, gunakan TWRP recovery, download recovery installer Mari(thx to corphish) atau coba TWRP manager pada googleplay.
#3 Download custom rom xperia L Nougat AOSCP [KUMPULAN ROM XPERIA L]  simpan pada memory card
#4 Gapps  sedot (Sini) kalau bingung milihnya, googling. Simpan pada memory card juga.

Penampakan:

Upgrade xperia L ke Android N
Upgrade xperia L ke Android N
Upgrade xperia L ke Android N
Upgrade xperia L ke Android N
Upgrade xperia L ke Android N
Upgrade xperia L ke Android N
Upgrade xperia L ke Android N

Langkah Upgrade Xperia L ke Android N:

#1. Backup data-data yang menurut kamu penting
#2. Chek Baterai pastiin full atau kurang lebih 60%
#3. Masuk ke recovery mode.
#4. Full Wipe> Factory Reset, Wipe dalvik cache, dll.
#5. Flash Rom
#6. Flash Gapps
#7. Reboot.

KONKLUSI

Saya sendiri sempat menginstall Custom Rom ini pada Xperia L teman saya. Lumayan stabil dan gegas dengan fitur-fitur dan inovasi barunya. Namun setelah menginstall ini, ada aplikasi yang harus kita install manual, yakni pemutar musik dan browser. Kalian bisa install sendiri dengan aplikasi yang terdapat pada playstore tentu. jadi bukan kedala yang berarti.

Baca Juga  Upgrade Redmi 2 ke Android Marshmallow
>Catatan: Jika Setup Wizard Force close terus, coba Flash Rom dulu lalu langsung reboot (jangan dulu flash gapps) setelah ponsel hidup beberapa menit, lalu masuk recovery lagi, baru install gapps.
Itulah cara upgrade/install android N pada Xperia L, semoga berhasil.
Source: XDA
Verification: 10ef2348b5c96cd8