Firmware Mito A310

Cara flash Mito A310 via Fastboot

Bagi yang mencari-cari cara flash ponsel android Mito A310 a.ka Mito Fantasy 2 lewat Fastboot bisa nyimak artikel ini. Ini pengalaman saya kemarin-kemarin, ketika ada yang datang ke saya membawa ponsel Mito-nya yang bermasalah. Walaupun secara teknis bisa kita tebak itu adalah permasalahan hardware, bukan software. Yakni tombol back dan navigasi lainnya kadang-kadang nggak berfungsi.

Kejadiannya, dia sudah ganti touchscreen dan tetap saja itu tombol navigasi tidak sembuh total. Dia penasaran dan menyuruh saya melakukan flashing ulang terhadap ponsel miliknya. Saya langsung melakukan pencarian firmware ke om gugel. Ada dalam satu blog mengatakan bahwa flashing Mito A310 bisa menggunakan SP Flashtool. Saya pun download, ternyata filenya bukan untuk kita gunakan pada flashtool. Isinya untuk flashing via recovery custom atau CWM.

Flash Mito A310

Saya pun cari tutorial lain, ada lagi satu blog judulnya sama dengan yang bekas saya kunjungi yakni flash Mito via Flashtool, ternyata setelah saya download, isinya tidak ada file scatter-nya. Isi file-nya menunjukan file-file tersebut harus di-flash menggunakan fastboot. Saya mutar-mutar lagi nyari tutorial tentang cara flash Mito A310 via fastboot, oh ternyata nihil. Kebanyakan judulnya cara flashnya via flashtool.
Untungnya saya pernah melakukan flash via fastboot meskipun bukan pada ponsel Mito A310 dan sejenisnya. Peralatan dan drivernya pun sudah saya punya.

Download Firmware Mito A310

Pertama kita download dulu bahan-bahannya:
  1. Adb dan fastboot file sekaligus drivernya,:  Download minimal adb & fastboot
  2. Firmware Mito A310
Baca Juga  Kumpulan Custom Rom Zenfone Max Pro M2

Proses Flashing Mito Fantasy

  1. Instal adb dan fastbootnya.
  2. Setelah kita download, extra firmware yang berbentuk zip tersebut. Kalian akan menemukan banyak file, antaranya adb.exe, 8x10_fastboot_all_images.bat, dan lainnya.
  3. Matikan Mito A310 lalu masuk ke mode fastboot dengan cara tekan dan tahan volume bawah + tombol power on/off.
  4. Colokan kabel usb, buka cmd pada folder adb dan fastboot tadi, caranya tekan shift + Klik kanan lalu pilih opsi “buka cmd di sini” atau “Open command window here”.
  5. Ketikan “fastboot devices” (tanpa tanda petik ) pada cmd untuk memastikan ponsel sudah terhubung dengan komputer. Lalu tanda sudah terhubung, pada kotak dialog cmd akan ada tulisan Mito fastboot.
  6. Sekarang beralih ke folder firmware yang sudah kita ekstrak tadi lalu klik 2 kali 8x10_fastboot_all_images.bat sehingga akan terbuka lagi kotak dialog cmd baru.
  7. Flash akan berjalan otomatis, tunggu dan biarkan saja, silakan kalian ngopi dan makan kacang dulu kalau ada.
  8. Tandanya flash selesai, kotak dialog cmd akan tertutup dengan sendirinya.
  9. Dono, Bos.
Sukses saya flashingnya. Tapi untuk permasalahan teman saya, jelas tidak beres, karena itu masalahnya di hardware 🙂 sekian, semoga membantu.
Verification: 10ef2348b5c96cd8