odin

Cara Flash Samsung Galaxy Grand Prime

Kali ini droids id akan memberikan tutorial cara flash samsung galaxy grand prime. Iya, Grand Prime yang jadul itu. Dan ini berdasarkan pengalaman kemarin saya ketika ponsel galaxy grand prime milik teman saya mengalami bootloops. Stuck pada logo dan terus saja merestart ketika pas pertama kita nyalakan.

Sedikit informasi flashback tentang informasi ponsel samsung seri galaxy ini, yakni galaxy grand prime rilis pada sekitaran tahun 2014 akhir, bulan Oktober tepatnya. Bermodalkan layar 5 Inchi dan resolusi 540 x 960 pixel dan daya pacunya tersokong dengan RAM yang hanya 1 GB. Penyimpanannya memuat 8 GB dengan plus baterai yang cuma 2600 mAh. Versi android bawaannya adalah android Kitkat yang bisa kita upgrade ke versi android MM atau Marshmallow.

Galaxy Grand Prime mempunyai otak Chipset besutan Qualcomm MSM8916 Snapdragon 410 (28 nm), sedangkan untuk Value Edition-nya menggunakan chipset Spreadtrum SC7730. CPU empat inti atau Quad-core dengan 1.2 GHz Cortex-A53, Quad-core 1.3 GHz Cortex-A7 (Value Edition) dan pada GPU menyematkan Adreno 306 dan Mali-400 pada Value Edition.

baca juga: Kumpulan Custom Rom Galaxy Grand Prime

Yang harus kalian perhatikan adalah serial / tipe Ponsel Galaxy Grand Prime-nya. Yang beredar ke Indonesia adalah seri SM-G530h. Maka ketika kamu mau melakukan flash carilah firmware dengan tipe tersebut (SM G530H). Jangan asal download lalu flash. Bisa-bisa ponsel kalian tambah rusak kalau salah rom atau terjadi hardbrick. Kalaupun iya, nantinya mau kita jual (setelah sembuh dari bootloops) pasaran harga bekas ponsel Samsung Galaxy Grand Prime paling sekitaran Rp. 500.000-an. Ya lumayan untuk tambahan kamu membeli ponsel android zaman now atau kekinian.

Alat dan Bahan untuk Flash Samsung Galaxy Grand Prime

Bahan-bahan yang harus kalian siapkan sebelum melakukan flashing adalah yang utamanya komputer; baik Laptop ataupun PC. Lalu kabel data dan paket internet yang memadai untuk download bahan-bahan flashing ponsel galaxy grand prime, yakni:

Download Firmware Samsung Galaxy Grand Prime

baca juga: Instal Galaxy Grand Prime pakai Android versi Nougat!

Langkah Flashing Samsung Galaxy Grand Prime

Setelah semuanya siap, ikuti langkah berikut:

  • Extrak semua bahan yang sudah kita download tadi dan biar gampang jadikan satu folder (opsi).
  • Instal Driver Samsung pada perangkat komputer kalian, tunggu hingga selesai. Karena kalau tidak terinstal besar kemungkinan ponsel samsung kalian tidak akan terdeteksi pada perangkat komputer.
  • Matikan Samsung Galaxy Grand Prime kalian dan masuk mode download. Caranya tahan ketiga tombol ini secara berbarengan: Home + Power + Volume Turun
  • Setelah ponsel berhasil masuk mode download, sambungkan ke komputer melalui kabel USB
  • Buka ODIN dan pastikan perangkat kalian terbaca pada aplikasi tersebut.
  • Lalu masukan firmware samsung galaxy grand prime ke ODIN dengan memilih menu AP dan arahkan ke folder kalian menyimpan firmare-nya.
  • Pastikan Auto Reboot dan F-Reset Time tercentang pada panel sebelah kiri
  • Klik Tombol START
  • Tunggu Prosess flashing selesai. Bila sudah selesai akan muncul tulisan PASS pada ODIN.
Cara Flash Samsung Galaxy Grand Prime

Saya melakukan dua kali flashing ponsel ini. Karena ketika proses flashing hampir selesai dan ponsel mau mereset ponsel kembali bootloops dan pada aplikasi ODIN belum ternyatakan PASS. Saya cabut terlebih dahulu ketika proses flashing mencapai 99%. Lantas copot baterai dan masuk kembali ke mode Download. Lantas ketika saya hubungkan ponsel via USB tidak lama aplikasi ODIN menyatakan PASS.

Baca Juga  Cara Pasang Twrp pada Samsung J2 Prime

Samsung Galaxy Grand Prime teman saya mengalami beberapa kali restart, dan akhirnya kembali normal. Well, itulah pengalaman saya flashing firmware samsung galaxy grand prime, semoga kamu juga berhasil.

Verification: 10ef2348b5c96cd8