unofficial rom vs official rom

Rom Official vs Unofficial Rom Android

Cari tahu tentang Rom Official vs Unofficial Rom Android. Bagi kalian yang suka oprek ponsel android; flashing rom, rooting, tweak, pasang kernel, pasti tidak asing dengan istilah Official Rom dan Unofficial Rom. Untuk opreker baru mungkin pernah terbesit pertanyaan, apa sih bedanya antara Official Rom dan Unofficial Rom pada android?

baca juga : Flash Lenovo A328

Rom Official vs Unofficial Rom Android

Untuk jawabannya, kita ambil salah satu contohnya dulu, misal Rom Lineage OS yang pertamanya mempunyai nama Cyanogenmod.  Pasti udah pernah dengar. Karena rom ini sudah terkenal dan banyak yang menggunakannya pada perangkat android pada seluruh dunia. Dan jelas banyak perbedaan antara Rom Official dengan Unofficialnya. Saya coba buat daftarnya.
Rom Official vs Unofficial Rom Android.

Rom Official

  • Rom tersebut harus mengikuti Persyaratan Dukungan Perangkat. Yang berarti kita akan memiliki sebuah rom yang hampir semuanya berfungsi dengan baik pada Official Rom. Tidak ada bug mayor lah (sebut saja begitu).
  • Akan mempunyai istilah -NIGHTY, misal Lineage OS Nighty (kita harus perhatikan tanggal buildnya) yang mereka kerjakan dan keluarkan setiap minggunya. Selama periode tersebut akan ada perubahan kode juga ke Lineage OS tree (source) untuk perbaikan bug dan peningkatan fitur pada perangkat android.
  • Terbuat dan yang mengelolanya adalah developer yang setiap melakukan perubahan kode-kode di dalam rom tersebut harus melalui peninjauan developer lain. Tidak bekerja sendirian pastinya.
  • Semua Rom Official bisa kita download pada satu tempat / lokasi / link/ web.
  • Kita sebagai pengguna dapat mengajukan tiket JIRA (belum sempat cari artinya) ke developer LineageOS untuk BUG yang kita temukan pada build Official dengan mengisi data penyebabnya.
meme kerenan rom official

Rom Unoffical

  • Terbuat oleh developer tanpa memvalidasi perubahan kode build-nya.
  • Tidak ada jaminan bahwa semua fiturnya akan berfungsi pada android kita (kita bisa membaca dengan seksama pada postingan / thread rom tersebut).
  • Update rom (untuk perbaikan bug dan peningkatan fitur) tidak terjadwal. Terserah dev-nya.
  • Tidak ada kepastian rom-nya bisa untuk berbagai perangkat. Kembali ke dev-nya.
  • Pembuatan Rom Unofficial tidak dapat kita temukan pada satu tempat. Misal untuk download Rom-nya aja terpisah antar build satu dengan build yang lain.
  • Satu-satunya cara untuk mendapatkannya adalah dengan menggunakan Google atau mencari pada forum seperti XDA.
  • Untuk pengajuan masalah bug kita bisa menghubungi dev-nya secara personal atau di thread yang telah disediakan.
Baca Juga  Cara Atasi Smartphone yang Terkunci
Untuk sekarang meskipun begitu; dengan perbandingan yang sebenarnya masih banyak hal yang membedakan antara Rom Official dengan Unofficial kita tidak bisa menyebut bahwa Rom Official lebih baik atau sebaliknya. Mendingan ini atau itu.
Setiap dev, terlepas dari waktu, biaya, pikiran dan effort yang ia korbankan untuk membuat sebuah Rom Off atau Unoff pasti berbeda-beda hasilnya. Bisa aja rom Unofficial lebih cocok dengan kita. Pun sebaliknya.
Well, itu sedikit pendapat saya di perbedaan antara Rom Official dan Rom Unoffical. Terus oprek.