j2 prime

Cara Pasang Twrp pada Samsung J2 Prime

Bagaimana cara pasang TWRP pada Samsung Galaxy J2 Prime? Apakah prosesnya sulit? Memerlukan PC atau tidak? Dan pertanyaan sejenis yang berkaitan dengan pemasangan twrp j2 prime. Sebelum melangkah ke sana, mari kita pahami dulu apa itu TWRP custom recovery.

Apa itu TWRP?

TWRP adalah singkatan dari Team Win Recovery Project. Mengutip dari situsnya, TWRP adalah termasuk proyek open source. Pengembangan TWRP ada sekitar 4 orang pada saat ini. Dan mereka sudah memiliki komunitas yang besar.

Team Win pada awalnya dibentuk untuk mengerjakan porting WiMAX ke CM7 untuk HTC EVO 4G. Setelah itu mereka berkeinginan untuk mengerjakan proyek pada lebih banyak perangkat daripada hanya EVO 4G dan mereka memutuskan untuk membuat Recovery. Dan kalian tahu sampai hari ini TWRP adalah custom recovery terkemuka untuk ponsel Android.

pasang twrp j2 prime

baca juga: Download GCAM tanpa Root

Recovery khusus kita gunakan untuk menginstal perangkat lunak tertentu pada perangkat Android. Perangkat lunak khusus ini dapat mencakup modifikasi yang lebih kecil seperti rooting perangkat atau bahkan mengganti firmware perangkat dengan “ROM” yang sepenuhnya khusus seperti OmniROM. Kita mengenalnya dengan istilah flashing.

Baca Juga  Cara Mudah Menyembunyikan Aplikasi Android

Cara Pasang Twrp pada Samsung Galaxy J2 Prime SM-G532M Marshmallow

Mungkin kalau kalian dulu pernah mengenal istilah CWM yang tidak berbeda jauh fungsinya. Tapi sekarang CWM kurang populer lagi. Orang-orang lebih banyak menggunakan TWRP.

Pertama kalian harus menyiapkan beberapa bahan untuk melakukan proses ini, yakni:

Setelah semuanya bahannya sudah kamu siapkan dan download, lantas ikuti langkah pasang twrp j2 prime berikut ini:
  1. Ekstrak semua bahan yang sudah kamu download dan letakan pada satu folder pada laptop.
  2. Instal driver Samsung terlebih dahulu dan tunggu prosesnya selesai agar ponsel kamu terdeteksi pada perangkat komputer
  3. Matikan ponsel kamu
  4. Setelah ponsel benar-benar mati, masuk ke mode download dengan cara menekan tiga tombol secara bersamaan: Home + Volume Bawah + Tombol Power
  5. Buka aplikasi ODIN yang sudah kamu ekstrak
  6. Sambungkan ponsel dengan laptop kamu menggunakan kabel USB
  7. Pastikan ponsel kamu sudah benar-benar terdeteksi pada ODIN
  8. Lalu masukan file twrp yang sudah kamu download dan ekstrak pada menu AP di ODIN
  9. Pastikan hanya centang F. RESET TIME pada ODIN
  10. Setelah semua siap kamu klik menu START dan proses pemasangan TWRP J2 Prime akan berjalan
  11. Kamu boleh mencabut ponsel setelah tombol PASS muncul pada ODIN dan selamat twrp kamu sudah terpasang.
Baca Juga  Cara Pasang TWRP dan Root Samsung Galaxy J5
pasang twrp j2 prime
ODIN

Untuk mengecek twrp dan mengaksesnya kamu bisa melakukan tahapan berikut: matikan ponsel kamu lalu pencet tombol HOME + Volume Atas dan Tombol Power secara bersamaan. Setelah berhasil memasang TWRP pada Samsung J2 Prime berikutnya kamu bisa melakukan root atau pasang custom rom. Sila baca artikel ini kalau mau ke prosesi root J2 Prime.

Dan bila kamu bertanya-tanya apa yang bisa dilakukan setelah proses rooting, bisa baca artikel Lakukan ini setelah Root Android. Well, sekian artikel cara pasang twrp j2 prime, semoga kamu berhasil.

Verification: 10ef2348b5c96cd8